Komparasi Hasil Belajar Penggunaan Electronic Book (E-book) dengan Bahan Ajar Konvensional pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 03 Demak Tahun Ajaran 2011/2012


Taufik Prasetya Hendra, 3201405050 (2012) Komparasi Hasil Belajar Penggunaan Electronic Book (E-book) dengan Bahan Ajar Konvensional pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 03 Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Komparasi Hasil Belajar Penggunaan Electronic Book (E-book) dengan Bahan Ajar Konvensional pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 03 Demak Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Komparasi Hasil Belajar Penggunaan Electronic Book (E-book) dengan Bahan Ajar Konvensional pada Pembelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 03 Demak Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada jenjang SMA/MA. Selama ini pembelajaran geografi yang dilaksanakan cenderung ke arah pembahasan tematik teoritik dan text book oriented. Berdasarkan hasil observasi dan informasi dari guru geografi SMA Negeri 03 Demak diketahui bahwa pembelajaran geografi yang selama ini dilaksanakan di sekolah tersebut terutama kelas X masih diajar dengan bahan ajar konvensional dan belum mengoptimalkan bahan ajar berbasis multimedia sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Selain itu, bahan ajar konvensional juga kurang dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan hasil belajar Geografi antara pembelajaran dengan menggunakan e-book dengan bahan ajar konvensional? (2) Hasil belajar manakah yang lebih baik antara yang menggunakan e-book dengan bahan ajar konvensional? Obyek penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 03 Demak. Pemilihan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan secara purposive sampling yang berdasarkan pada nilai rata-rata ujian tengah semester ganjil. Dari nilai rata-rata tersebut dipilih dua kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas yang hampir sama yang selanjutnya dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol. Dari hasil pengundian terpilih kelas X 6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan e-book dan kelas X 9 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan bahan ajar konvensional. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu: (1) Variable hasil belajar menggunakan e-book dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran geografi dengan menggunakan e-book dan (2) Variabel hasil belajar menggunakan bahan ajar konvensional dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran geografi dengan menggunakan buku paket dan LKS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, dan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada kelompok eksperimen yang dalam pembelajaran geografi dengan menggunakan e-book. Hasil uji t menunjukkan bahwa pada penggunaan e-book memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar geografi dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional pada kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung untuk hasil post test diperoleh hasil thitung = 3,212 lebih besar jika dibandingkan ttabel = 1,67, berarti Ho ditolak. Ditolaknya Ho berarti diterimanya Ha, maka secara statistik hipotesis penelitian yang berbunyi “Pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar e-book lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar konvensional untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran geografi pada kelas X SMA Negeri 3 Demak” diterima. Perhitungan hasil belajar kognitif diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol pertemuan I = 64,41; pertemuan II= 64,12; dan ulangan harian 73,88 sedangkan untuk kelas eksperimen pertemuan I= 73,24; pertemuan II= 67,94; dan ulangan harian 78,82. Untuk nilai aspek afektif kelas eksperimen mempunyai rata-rata pada pertemuan I= 80,70; dan pertemuan II= 84,83 sedangkan kelas kontrol mempunyai rata-rata pertemuan I= 68,11; dan pertemuan II= 77,57. Untuk aspek psikomotorik kelas eksperimen pada pertemuan I= 71,43; dan pertemuan II= 82,14 sedangkan untuk kelas kontrol pertemuan I= 61,76; dan pertemuan II= 76,84. Saran dari penelitian ini adalah e-book dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif sumber belajar dan untuk dapat menggunakan e-book guru perlu menguasai penggunaan sumber belajar tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Electronic Book (E-Book), Bahan Ajar Konvensional, Pembelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 00:48
Last Modified: 16 May 2012 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item