Kajian Geografis Untuk Pengembangan Obyek Wisata Pantai Maron Kota Semarang


Marham, 3250408044 (2012) Kajian Geografis Untuk Pengembangan Obyek Wisata Pantai Maron Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kajian Geografis Untuk Pengembangan Obyek Wisata Pantai Maron Kota Semarang] Microsoft Word (Kajian Geografis Untuk Pengembangan Obyek Wisata Pantai Maron Kota Semarang) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Marham. 2012. Kajian Geografis Untuk Pengembangan Obyek Wisata Pantai Maron Kota Semarang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci: kajian geografis, pengembangan obyek wisata Pantai Maron merupakan salah satu obyek wisata di Kota Semarang yang memiliki kondisi geografis yang indah seperti sunset, gelombang yang tidak begitu besar (kecil), pantai yang berpasir hitam kelabu, dan keberadaan mangrove. Hal tersebut merupakan daya tarik Pantai Maron sebagai obyek wisata bahari Kota Semarang, namun pengembangan obyek wisata masih dikatakan minim. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana kondisi geografis untuk mendukung pengembangan obyek wisata Pantai Maron di Kota Semarang. Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengkaji kondisi geografis Pantai Maron, (2) untuk mengetahui karakteristik wisatawan/pengunung Pantai Maron, (3) untuk mengkaji pengembangan obyek wisata Pantai Maron Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah pihak pengelola, seluruh wisatawan yang berkunjung pada hari biasa dan weekend, pada hari biasa perkiraan wisatawan yang berkunjung sebesar 200 orang dan pada saat weekend sebesar 300 orang. pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan jumlah sampel 10% dari hari biasa dan 20% dari hari weekend, dan 1 orang dari pihak pengelola, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 81 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Data penelitian ini dianalisis dengan analisis keruanagan, deskriptif kualitatif, deskriptif persentase, dan analisis SWOT. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi geografis berupa litosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer mendukung dalam pengembangan obyek wisata Pantai Maron. karakteristik wisatawan yang datang pun sangat beragam, Hasil SWOT yang terdiri dari kekuatan: keindahan alam, kelemahan: fasilitas pelayanan dan infrastruktur yang minim, peluang: peningkatan wisatawan, dan ancaman: abrasi pantai. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: pengembangan obyek wisata konservatif, pengadaan paket wisata/adanya transportasi dari Bandara ke Obyek wisata Pantai Maron, pengembangan bantuan modal, pengembangan fasilitas pelayanan dan infrastruktur yang dapat menunjang kegiatan wisata, peningkatan kualitas jalan, pengadaan konservasi daerah pesisir, pengembangan usaha yang ramah lingkungan, peningkatan kesadaran wisatawan atau masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan, dan perencanaan wisata secara konservasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kajian geografis, pengembangan obyek wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 00:44
Last Modified: 16 May 2012 00:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12108

Actions (login required)

View Item View Item