Meningkatkan Efikasi Diri terhadap Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Konseling Realita pada Siswa SMP Negeri 2 Ungaran.


Afisah, 1301407043 (2012) Meningkatkan Efikasi Diri terhadap Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Konseling Realita pada Siswa SMP Negeri 2 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Efikasi Diri terhadap Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Konseling Realita pada Siswa SMP Negeri 2 Ungaran.] Microsoft Word (Meningkatkan Efikasi Diri terhadap Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Konseling Realita pada Siswa SMP Negeri 2 Ungaran.) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Afisah. 2012. Meningkatkan Efikasi Diri terhadap Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Konseling Realita pada Siswa SMP Negeri 2 Ungaran. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I Drs. Suharso, M.Pd., Kons dan Dosen Pembimbing II Dra. Sinta Saraswati, M.Pd., Kons. Kata Kunci : Efikasi diri, pelajaran bahasa Inggris, konseling realita. Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi di lapangan yang menunjukkan gejala-gejala efikasi diri yang rendah terhadap pelajaran bahasa Inggris pada siswa SMP Negeri 2 Ungaran. Siswa yang memiliki efikasi diri yang rendah terhadap pelajaran bahasa Inggris merupakan siswa yang kurang yakin dengan kemampuan yang dimiliki untuk belajar bahasa Inggris sehingga mengganggu proses belajar dan menurunkan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitan ini adalah mengetahui upaya meningkatkan efikasi diri yang rendah terhadap pelajaran bahasa Inggris pada siswa SMP Negeri 2 Ungaran melalui konseling realita. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design dengan pola eksperimen One Group Pretest and Posttest Design, menggunakan satu kelompok yang sebelumnya diberikan pre test dan diberikan perlakuan serta diberi posttest pada akhir penelitian. Subjek yang diteliti sejumlah 6 siswa diambil dari siswa yang memiliki efikasi diri yang rendah terhadap pelajaran bahasa Inggris. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala efikasi diri terhadap pelajaran bahasa Inggris. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persentase rata-rata efikasi diri siswa terhadap pelajaran bahasa Inggris sebelum mengikuti konseling realita sebesar 49,20% kategori rendah dan setelah mengikuti konseling realita sebesar adalah 80,67% dengan kategori tinggi, dan memiliki kenaikan sebesar 31,47%. Dari uji wilcoxon dengan t tabel n = 6, taraf kesalahan 5% diperoleh nilai 0,0. Dengan beda hasil (X1 – X2) dari kesemua siswa yang memiliki peningkatan memperoleh hasil dari jenjang dari T hitung terkecil adalah = 0,0. Dengan memiliki ketentuan bahwa t hitung ≤ t tabel adalah Ha diterima dan Ho ditolak, maka hal tersebut menunjukkan bahwa efikasi diri yang rendah terhadap pelajaran bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui konseling realita. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah efikasi diri siswa terhadap pelajaran bahasa Inggris dapat ditingkatkan dengan konseling realita. Siswa yang memiliki efikasi diri yang tinggi terhadap pelajaran bahasa Inggris memperlihatkan cara belajar yang lebih baik dan benar. Saran untuk klien diharapkan lebih optimis dalam melakukan sesuatu dan menghilangkan perilaku klien yang kurang efektif untuk belajar sehingga dapat meningkatkan keyakinan klien atas kemampuan yang dimiliki untuk belajar bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, pelajaran bahasa Inggris, konseling realita
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 04:47
Last Modified: 15 May 2012 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item