Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Saat Maju Di Depan Kelas Melalui Konseling Realita pada Siswa Kelas VII SMP Teuku Umar Semarang tahun ajaran 2011/2012


Nissa Kurniawati, 1301407002 (2012) Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Saat Maju Di Depan Kelas Melalui Konseling Realita pada Siswa Kelas VII SMP Teuku Umar Semarang tahun ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Saat Maju Di Depan Kelas Melalui Konseling Realita pada Siswa Kelas VII SMP Teuku Umar Semarang tahun ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Saat Maju Di Depan Kelas Melalui Konseling Realita pada Siswa Kelas VII SMP Teuku Umar Semarang tahun ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Kurniawati, Nissa. 2012. Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Saat Maju Di Depan Kelas Melalui Konseling Realita pada Siswa Kelas VII SMP Teuku Umar Semarang tahun ajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sugiyo, M.Si. dan Pembimbing II Drs. Suharso, M.Pd., Kons. Kata kunci: kepercayaan diri, konseling realita Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Tengku Umar Semarang yang menunjukkan bahwa adanya siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah saat maju di depan kelas. Melalui pemberian konseling realita diharapkan rendahnya kepercayaan diri saat maju di depan kelas dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan rendahnya kepercayaan diri saat maju di depan kelas melalui konseling realita Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah 6 orang siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah saat maju di depan kelas. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan tujuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologi dengan alatnya skala kepercayaan diri saat maju di depan kelas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diperoleh Zhitung = 2, 201 dan Ztabel = 1,96 sehingga Zhitung > Ztabel. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa saat maju di depan kelas pada siswa kelas VII SMP Teuku Umar meningkat setelah memperoleh konseling realita. Dari hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri siswa saat maju di depan kelas sebelum memperoleh konseling realita 47.44% tergolong dalam kategori rendah dan setelah memperoleh konseling realita 76.28%, masuk dalam kategori tinggi. Perbedaan tingkat penyesuaian diri klien sebelum dan sesudah konseling realita sebesar 28.84%. Selain itu, siswa mengalami perkembangan perilaku yang lebih baik dilihat dari meningkatnya indikator cinta diri, pemahaman diri, tujuan yang jelas, berfikir positif, komunikasi, ketegasan, penampilan diri, pengendalian perasaan. Simpulan dari penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa saat maju di depan kelas pada siswa kelas VII SMP Teuku Umar meningkat setelah mendapatkan konseling realita. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar pihak sekolah memberikan jam bimbingan konseling kepada guru pembimbing agar dapat memberikan konseling realita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, konseling realita
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 04:27
Last Modified: 15 May 2012 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12072

Actions (login required)

View Item View Item