Gaya Kepemimpinan Pamong Belajar Kejar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Batang


Rifai Ahmad, 1201407045 (2012) Gaya Kepemimpinan Pamong Belajar Kejar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Gaya Kepemimpinan Pamong Belajar Kejar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Batang] Microsoft Word (Gaya Kepemimpinan Pamong Belajar Kejar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Batang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Rifai Ahmad. 2011. Gaya Kepemimpinan Pamong Belajar Kejar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Batang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Di bawah bimbingan Dr. Daman, M.Pd, dan Dr. Amin Yusuf, M. Si. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Pamong Belajar Gaya kepemimpinan merupakan kemampuan dan ketrampilan seseorang yang menduduki jabatan sebagai pemimpin untuk mempengaruhi orang lain untuk berfikir dan bertindak sehingga melalui perilaku yang positif dalam pencapaian tujuan organisasi. Pentingnya peranan SKB dalam bidang pendidikan luar sekolah sebagai tenaga teknis fungsional harus mempunyai kompetensi baik dalam kepemimpinan ataupun yang lainnya. Masalah yang dikaji adalah (1) apa karakteristik gaya kepemimpinan yang digunakan pamong belajar kejar paket c di SKB Batang (2) bagaimana penerapan gaya kepemimpinan oleh pamong belajar kejar paket c di SKB Batang?. Tujuannya adalah (1) untuk mengidentifikasi karakteristik gaya kepemimpinan yang digunakan pamong belajar (2) untuk mendiskripsikan penerapan gaya kepemimpinan oleh pamong belajar. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 10 orang terdiri dari 5 orang pamong belajar dan 5 orang warga belajar. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik gaya kepemimpinan yang digunakan pamong belajar adalah gaya kepemimpinan situasional yang berarti bertindak sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada. Dengan melihat empat indikator gaya kepemimpinan situasional yaitu telling,selling,partisipatif dan delegatif. Dalam penerapannya pamong belajar banyak memberikan pengarahan, bantuan dan bimbingan kepada warga belajar dalam kegiatan pembelajaran. Mengikut sertakan warga belajar dalam proses pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta mendelegasikan kepada bawahan. Simpulan dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan situasional merupakan karakteristik gaya kepemimpinan yang digunakan oleh pamong belajar. Dengan melihat empat indikator yaitu telling,selling,partisipatif dan delegatif. Pamong belajar selalu menggunakan dan sering menerapkan gaya telling dengan memberi pengarahan, selling diterapkan apabila kondisi mengharuskan, partisipatif dan delegatif akan diterapkan apabila kondisi menuntut untuk menerapakan gaya tersebut. Sarannya adalah pamong belajar diharapkan selalu menjaga dan mempertahankan mutu kualitas pembelajaran serta meningkatkan pamong belajar untuk mengikuti pelatihan guna meningkatkan mutu pendidikan dan lembaga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Pamong Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 04:15
Last Modified: 15 May 2012 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12067

Actions (login required)

View Item View Item