Pola Rekrutmen dan Proses Pembelajaran Kursus Menjahit Garment Pada Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) (Studi Empiris di Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Kartika di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang)


Intan Sariningtyas Hapsari, 1201407012 (2012) Pola Rekrutmen dan Proses Pembelajaran Kursus Menjahit Garment Pada Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) (Studi Empiris di Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Kartika di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pola Rekrutmen dan Proses Pembelajaran Kursus Menjahit Garment Pada Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) (Studi Empiris di Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Kartika di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang)] Microsoft Word (Pola Rekrutmen dan Proses Pembelajaran Kursus Menjahit Garment Pada Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) (Studi Empiris di Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Kartika di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang)) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Intan Sariningtyas Hapsari. 2012. “Pola Rekrutmen dan Proses Pembelajaran Kursus Menjahit Garment Pada Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) (Studi Empiris di Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Kartika di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang)”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I : Dr. Joko Sutarto, M.Pd, dan Dosen Pembimbing II : Dr.S. Edy Mulyono, M.Si. Kata Kunci : Rekrutmen, Proses Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi masyarakat. Begitu pentingnya kursus menjahit bagi masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maupun bekerja diharapkan agar mereka menyiapkan masa depannya dengan keterampilan yang telah mereka dapat. Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) sebagai salah satu bentuk pendidikan yang memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) pola rekrutmen warga belajar, 2) proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh LPK Kartika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 1 penyelenggara, 1 tutor, 4 warga belajar. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan : (1)Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (5) Penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini 1) pola rekrutmen warga belajar : pihak lembaga membentuk team work yang menggunakan metode turun langsung ke lapangan,menyebarkan informasi lewat media cetak, Radio,Internet, penyebaran informasi melalui alumni yang pernah mengikuti kursus. 2) proses pembelajaran: Kegiatan pembelajaran kursus berlangsung setiap hari senin sampai sabtu yang dimulai pukul 08.00 berakhir pukul 16.00, Materi pembelajaran: sesuai dengan standar kurikulum kompetensi dari kemendiknas, Metode Pembelajaran: menggunakan metode ceramah dan praktik langsung.Media Pembelajaran : perangkat alat dan mesin jahit dan audio visual.Evaluasi Pembelajaran: test setiap selesai penyampaian materi dan sebelum dimagangkan ke perusahaan, Hasil Belajar: warga belajar mendapatkan berbagai pengetahuan di bidang menjahit,memiliki keterampilan menjahit, mendapatkan pembelajaran mental untuk memasuki dunia kerja. Tindak lanjut yang dilakukan adalah penempatan kerja warga belajar ke perusahaan pengorder tenga kerja. Saran yang disampaikan: Bagi penyelenggara : penyuluhan ke daerah yang lebih rutin dalam perekrutan karena banyak anak – anak putus sekolah di daerah yang perlu mendapatkan keterampilan dalam bidang menjahit, Bagi tutor: diharapkan dapat memberikan inovasi – inovasi dalam bidang menjahit, seperti menjahit payet – payet, gaun, kebaya, dan lain - lain, Bagi warga belajar: lebih giat dan jangan mudah putus asa dalam mengikuti pembelajaran kursus menjahit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen, Proses Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 03:25
Last Modified: 15 May 2012 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12056

Actions (login required)

View Item View Item