Pengembangan Media Permainan Edukatif Berbasis Multimedia Pokok Bahasan More Salt Please Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 4 di SD Assalamah Ungaran


Nuel Wicaksono, 1102407014 (2012) Pengembangan Media Permainan Edukatif Berbasis Multimedia Pokok Bahasan More Salt Please Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 4 di SD Assalamah Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media  Permainan Edukatif Berbasis Multimedia Pokok Bahasan More Salt Please Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 4 di SD Assalamah Ungaran] Microsoft Word (Pengembangan Media Permainan Edukatif Berbasis Multimedia Pokok Bahasan More Salt Please Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 4 di SD Assalamah Ungaran)
Download (27kB)

Abstract

Wicaksono, Nuel. 2012 . Pengembangan Media Permainan Edukatif Berbasis Multimedia Pokok Bahasan More Salt Please Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 4 di SD Assalamah Ungaran. Dosen Pembimbing I: Drs. Wardi. Dosen Pembimbing II: Drs. Sukirman, M.Si. Kata kunci: Pengembangan, Permainan Edukatif, Efektifitas Dalam proses belajar mengajar selalu saja ada suatu masalah di dalamnya. Masalah yang sering muncul sampai saat ini adalah guru masih mengajar dengan media yang kurang optimal, padahal saat ini sudah banyak media pembelajaran yang dapat digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimanakah mengembangakan media permainan edukatif berbasis multimedia mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas 4 SD Assalamah Ungaran dan mengukur efektifitasnya. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas 4 SD Assalamah Ungaran. Jumlah populasi 60 orang. Sampel dalam penelitian ini 38 siswa. Prosedur pengambilan sampel adalah random sampling dengan teknik undian. Jenis penelitian yang dipakai metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). Langkah awal pengembangan media permainan edukatif berbasis multimedia ini dengan penyusunan naskah yang meliputi peta materi, peta kompetensi, GBIM, dan isi naskah tersebut. Setelah itu dikonsultasikan kepada ahli media. Setelah penyusunan naskah, langkah selanjutnya mendesain produk dengan menggabungkan beberapa media menjadi satu dengan bantuan software seperti Adobe Flash CS3, Adobe Photoshop CS3, Adobe Captivate 3. Produk media yang dihasilkan, dapat dikatakan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan more salt please. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang divalidasi oleh ahli media sebesar 80%, hasil angket ahli materi yang dalam hal ini adalah Bu Safi’k memperoleh tanggapan sebesar 80% dan hasil angket tanggapan peserta didik sebesar 90,5%. Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t Satu Sample memperoleh hasil yang baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa diperoleh thitung = 5,49, sedangkan untuk α = 5% dengan dk = (38-1) = 37, diperoleh ttabel = 1,697. Kriteria pengujian, Ho ditolak apabila thitung ≤ ttabel, karena thitung ≥ ttabel maka Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan edukatif berbasis multimedia ini efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas 4 SD dengan materi more salt please. Setelah dikembangkan, maka media permainan edukatif berbasis multimedia ini perlu diuji lagi untuk mengetahui apakah media permaianan edukatif berbasis multimedia ini dapat dikembangkan untuk materi dan mata pelajaran yang lain atau tidak. Perlu dikembangkan petunjuk penggunaan dan buku penunjang yang berkaitan dengan materi di dalam produk media. Tujuannya supaya siswa yang menggunakan produk media bisa lebih memahami cara menggunakan media tanpa mengalami kesulitan-kesulitan dalam menjalankannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan Edukatif, Efektifitas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 03:03
Last Modified: 15 May 2012 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12052

Actions (login required)

View Item View Item