Perbedaan Pengetahuan Seksual Anak Perempuan Usia Remaja Awal Antara Desa dengan Kota.


Ulfa ND Kusumastuti, 1550406507 (2012) Perbedaan Pengetahuan Seksual Anak Perempuan Usia Remaja Awal Antara Desa dengan Kota. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Pengetahuan Seksual Anak Perempuan Usia Remaja Awal Antara Desa dengan Kota.] Microsoft Word (Perbedaan Pengetahuan Seksual Anak Perempuan Usia Remaja Awal Antara Desa dengan Kota.) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Kusumastuti, Ulfa ND. 2012. Perbedaan Pengetahuan Seksual Anak Perempuan Usia Remaja Awal Antara Desa dengan Kota. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Skripsi Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sri Maryati Deliana, M.Si., dan Pembimbing II Rulita Hendriyani, S.Psi, M.Si. Kata kunci : pengetahuan seksual, remaja awal. Pengetahuan seksual dapat diartikan sebagai penerangan tentang anatomi fisiologi seks manusia, bahaya penyakit kelamin dan membimbing serta mengasuh seseorang agar mengerti tentang arti, fungsi, dan tujuan seks, sehingga dapat menyalurkan secara baik, benar, dan legal. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian komparatif. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling dalam pengambilan sampelnya. Populasinya adalah siswa kelas VII usia 12-15 tahun dan siswa yang belum menstruasi di SMPN 2 Wonosegoro dan SMPN 13 Semarang. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan seksual. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes pengetahuan seksual sebanyak 40 item. Metode analisis data menggunakan teknik uji t. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan didapatkan koefisien validitasnya antara 0,220 sampai 0,574 dan uji reliabilitasnya dilakukan dengan rumus split-half, dihasilkan 0,671. Hasil penelitian uji hipotesis yang menggunakan analisis t-test dengan p = 0,000 < 0,01 artinya secara signifikan ada perbedaan tingkat pengetahuan seksual anak perempuan usia remaja awal antara desa dengan kota. Siswa SMPN 13 Semarang memiliki tingkat pengetahuan seksual lebih tinggi dibandingkan dengan siswa SMPN 2 Wonosegoro. Siswa SMPN 2 Wonosegoro memiliki tingkat pengetahuan seksual yang berada dalam kategori tinggi dengan jumlah 10 orang (25%), kategori sedang dengan jumlah 24 orang (60%), dan kategori rendah dengan jumlah 6 orang (15%). Sedangkan siswa SMPN 13 Semarang memiliki tingkat pengetahuan seksual yang berada dalam tingkat kategori tinggi dengan jumlah 5 orang (12,5%), kategori sedang dengan jumlah 31 orang (77,5%), dan kategori rendah dengan jumlah 4 orang (10%). Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa ada perbedaan tingkat pengetahuan seksual anak perempuan usia remaja awal antara desa dengan kota. Hasil lain yang diperoleh adalah bahwa aspek Knowledge of ways and means of dealing with spesific lebih menonjol daripada Knowledge of the universals and abstraction in a field dan Knowledge of spesific.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan seksual, remaja awal.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 02:36
Last Modified: 15 May 2012 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12047

Actions (login required)

View Item View Item