Organizational Citizenship Behavior Pimpinan Unit Kerja Pusat Universitas Negeri Semarang


Diah Mesti, 1550406040 (2012) Organizational Citizenship Behavior Pimpinan Unit Kerja Pusat Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Organizational Citizenship Behavior Pimpinan Unit Kerja Pusat Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Organizational Citizenship Behavior Pimpinan Unit Kerja Pusat Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Mesti, Diah. 2012. Organizational Citizenship Behavior Pimpinan Unit Kerja Pusat Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Siti Nuzulia, S.Psi, M.Psi., II. Drs. Sugeng Hariyadi, S.Psi, M.S. Kata Kunci : organizational citizenship behavior Universitas Negeri Semarang merupakan lembaga yang menjadi bagian dari Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, yang menjalankan seluruh aktivitas organisasi beserta sumber daya yang terlibat didalamnya. Perilaku yang dijalankan oleh pegawai-pegawainya tidak lepas dari kesatuan aktivitas-aktivitas karyawan di dalam suatu perusahaan yang menjalankan fungsinya sesuai dengan karakteristik yang dimilikinnya sebagai lembaga pendidikan. Tinjauan disiplin kerja pegawai Universitas yang didasarkan pada data daftar hadir pegawai menunjukkan salah satu aspek dari dimensi Organizational Citizenship Behavior menunjukkan kategori rendah berbeda kondisi dengan data kegiatan tambahan yang sering dilaksanakan pada tingkat universitas yang menunjukkan tanggungjawab pegawai dalam melaksanakan tugas-tugas kerja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Organizational Citizenship Behavior pada pegawai Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai tingkat Organizational Citizenship Behavior pegawai Universitas Negeri Semarang. Sampel populasi yang digunakan sebanyak 54 responden dengan analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil uji reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas yang tinggi sebesar 0.915. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Organizational Citizenship Behavior pegawai Universitas Negeri Semarang berada pada kategori tinggi. Masing-masing dimensi dalam Organizational Citizenship Behavior meliputi dimensi altruisme, conscientiousness, spotmanship, courtesy dan civic virtue dapat diketahui bahwa hasilnya adalah tinggi. Artinya, pimpinan unit kerja pusat Universitas Negeri Semarang melaksanakan pekerjaan dan membantu pegawai lain dalam menyelesaikan tugas-tugas sehingga menjadikan organisasi berjalan dengan efektif dan efisien. Simpulan hasil penelitian bahwa Organizational Citizenship Behavior pimpinan unit kerja pusat Universitas Negeri Semarang adalah tinggi, tinjauan dari masing-masing dimensi juga menunjukkan kategori tinggi. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya 1) mengkaji motif yang melandasi tingginya Organizational Citizenship Behavior pimpinan unit kerja pusat Universitas Negeri Semarang. 2) Penelitian dengan memadukan Organizational Citizenship Behavior dengan variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: organizational citizenship behavior
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 02:33
Last Modified: 15 May 2012 02:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12046

Actions (login required)

View Item View Item