Orientasi Masa Depan Remaja (Studi Kualitatif Pada Narapidana Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIa Anak Kutoarjo)


Riris Farisa Ahmad, 1550406032 (2012) Orientasi Masa Depan Remaja (Studi Kualitatif Pada Narapidana Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIa Anak Kutoarjo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Orientasi Masa Depan Remaja (Studi Kualitatif Pada Narapidana Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIa Anak Kutoarjo)] Microsoft Word (Orientasi Masa Depan Remaja (Studi Kualitatif Pada Narapidana Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIa Anak Kutoarjo)) - Published Version
Download (23kB)

Abstract

Ahmad, Riris Farisa. 2012. Orientasi Masa Depan Remaja (Studi Kualitatif Pada Narapidana Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIa Anak Kutoarjo). Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Skripsi ini di bawah bimbingan Moh. Iqbal Mabruri, S.Psi.,M.Si dan Dr. Sri Maryati Deliana, M.Si. Kata kunci : orientasi masa depan, remaja. Masa depan merupakan sesuatu yang belum dapat dipastikan, namun dapat dipersiapkan dan direncanakan. Penting bagi setiap orang untuk memiliki orientasi masa depan agar lebih mudah menentukan apa yang harus dilakukan saat ini untuk mempersiapkan masa depan yang diinginkan tidak terkecuali pada narapidana remaja yang berada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIa Anak Kutoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana orientasi masa depan remaja (narapidana remaja) dan faktor apa yang mempengaruhinya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan diskusi pada pra penelitian. Penelitian dilakukan di Lembaga pemasyarakatan Kelas IIa Anak Kutoarjo yang merupakan Lembaga Pemasyarakatan Anak satu-satunya di area Jawa Tengah – DIY. Hasil dari penelitian ini responden I kurang memiliki orientasi masa depan. Responden ini memiliki target yang ingin dicapai namun tidak diimbangi oleh usaha untuk mencapai target tersebut. Responden II dan III memiliki orientasi masa depan yang baik. Kedua responden ini memiliki target dan diimbangi dengan usaha untuk mencapai target yang diinginkan. Responden IV orientasi masa depan yang dimiliki sangat kurang. Gambaran yang dimiliki masih samar, tidak ada usaha untuk memperjelas dan mencapai target. Pada penelitian ini, peneliti menemukan bahwa faktor minat dan wawasan memegang peranan penting pada remaja untuk berorientasi masa depan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: orientasi masa depan, remaja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 02:30
Last Modified: 15 May 2012 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12045

Actions (login required)

View Item View Item