Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK Negeri 3 Jepara


Afifah Khairunisa, 1550406018 (2012) Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK Negeri 3 Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK Negeri 3 Jepara] Microsoft Word (Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK Negeri 3 Jepara) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Khairunisa, Afifah. 2012. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK Negeri 3 Jepara. Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Sugeng Hariyadi S.Psi., M.Si. dan Pembimbing II Moh. Iqbal Mabruri S. Psi, M. Si. Kata kunci: kematangan vokasional, karir, konsep diri akademik Pemerintah berusaha mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Indonesia dengan mendirikan lebih banyak sekolah menengah kejuruan yang bertujuan mempersiapkan lulusan nya agar siap memasuki dunia kerja. Untuk mendukung ketepatan pemilihan karier siswa, sangat dibutuhkan adanya kematangan vokasional. Kematangan vokasional ialah kemampuan individu untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan vokasional dengan baik sesuai dengan tahap perkembangan yang sedang dijalani. Faktor yang diduga berhubungan dengan tingkat kematangan vokasional ialah konsep diri akademik. Sehingga apabila siswa memandang konsep diri akademiknya baik, maka dia akan memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja. Untuk mendapatkan hasil yang lebih terpercaya dibutuhkan penelitian untuk mengungkap hubungan antara konsep diri akademik dengan kematangan vokasional. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui gambaran kematangan vokasional siswa; (2) mengetahui gambaran konsep diri akademik siswa; (3) mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri akademik dengan kematangan vokasional Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Jepara. Subjek penelitian berjumlah 106 siswa yang ditentukan menggunakan teknik sampel one stage cluster random sampling. Kematangan vokasional diukur menggunakan skala kematangan vokasional yang mempunyai item valid 37 item dari item awal sejumlah 45. Skala kematangan vokasional mempunyai nilai reliabilitas 0,857. Konsep diri akademik diukur menggunakan Skala konsep diri akademik yang mempunyai ítem valid 34 dari ítem awal sejumlah 42. Skala konsep diri akademik mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,85. Uji korelasi menggunakan teknik product moment dengan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan konsep diri akademik subjek berada pada tingkat sedang. Demikian juga dengan kematangan vokasional subjek berada pada tingkat sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri akademik dengan kematangan vokasional r = 0,513 dengan nilai sig p = 0,000 dimana (p < 0.05) yang artinya ada hubungan positif antara konsep diri akademik dan kematangan vokasional pada siswa SMK N 3 Jepara. Hal ini mengindikasikan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara Kematangan Vokasional siswa dengan Konsep Diri Akademik di SMK N 3 Jepara. Sehingga semakin baik seorang individu memandang kemampuan akademiknya, maka semakin tinggi tingkat kematangan vokasionalnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kematangan vokasional, karir, konsep diri akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 02:26
Last Modified: 15 May 2012 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12044

Actions (login required)

View Item View Item