Peningkatan hasil belajar seni tari melalui pendekatan kontekstual berbantuan multimedia kelas III SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang


Rus Yuliarti, 1402907231 (2012) Peningkatan hasil belajar seni tari melalui pendekatan kontekstual berbantuan multimedia kelas III SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan hasil belajar seni tari melalui pendekatan kontekstual berbantuan multimedia kelas III SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan hasil belajar seni tari melalui pendekatan kontekstual berbantuan multimedia kelas III SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Yuliarti, Rus, 2012, Peningkatan hasil belajar seni tari melalui pendekatan kontekstual berbantuan multimedia kelas III SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing (1) Drs. Mujiyono, M.Pd. dan (2) Atip Nurharini, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar, Seni Tari, Pendekatan Kontekstual, Multimedia Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar seni tari yang dicapai siswa. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar dengan KKM 70 mencapai 40% atau sebanyak 16 siswa dan siswa yang belum tuntas belajar sebesar 60% atau sebanyak 24 siswa. Data hasil identifikasi masalah menunjukkan rata-rata hasil belajar sebesar 60. Pelaksanaan pembelajaran seni tari kelas III SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang belum maksimal karena guru kurang menguasai materi pelajaran, kurang variasi dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif juga kurang memanfaatkan media serta alat peraga, sehingga menyebabkan siswa tidak aktif mengikuti kegiatan pembelajaran seni tari karena merasa tidak bisa menari, bermain sendiri, melamun, dan tidak konsentrasi mengikuti pembelajaran seni tari. Oleh karena itulah peneliti melalui PTK menerapkan pendekatan kontekstual berbantuan multimedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan pendekatan kontekstual berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar seni tari pada siswa kelas III SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang? Tujuan penelitian mendeskripsikan aktivitas, kreativitas siswa dan meningkatkan hasil belajar seni tari siswa dengan pendekatan kontekstual berbantuan multimedia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Subyek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 40 siswa terdiri dari 19 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki dan guru kelas III (peneliti). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, tes, observasi, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan kontekstual berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran seni tari. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi tentang aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 21 kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 25 kriteria sangat baik. Kreativitas siswa pada siklus I mencapai 70% dan pada siklus II meningkat mencapai 73%. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus I mencapai ketuntasan 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Kesimpulan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual berbantuan multi media dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran seni tari kelas III SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang.Ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas,kreativitas dan hasil belajar siswa.Saran : Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan memberikan kontribusi yang terbaik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Seni Tari, Pendekatan Kontekstual, Multimedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 01:18
Last Modified: 15 May 2012 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item View Item