Peningkatan Kemampuan Penjumlahan dengan Penerapan Model Think Pair Share pada Siswa Kelas IIB SDN 2 Karangayu Semarang
Heri Wibowo, 1402407124 (2012) Peningkatan Kemampuan Penjumlahan dengan Penerapan Model Think Pair Share pada Siswa Kelas IIB SDN 2 Karangayu Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kemampuan Penjumlahan dengan Penerapan Model Think Pair Share pada Siswa Kelas IIB SDN 2 Karangayu Semarang)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Wibowo, Heri. 2012. Peningkatan Kemampuan Penjumlahan dengan Penerapan Model Think Pair Share pada Siswa Kelas IIB SDN 2 Karangayu Semarang. Skripsi, Jurusan PGSD FIP Universitas Negeri Semarang. Pitadjeng, S.Pd, M.Pd dan Drs. Mujiyono, M.Pd. Kata Kunci : kooperatif, Think Pair Share. Salah satu penyebab rendahnya kualitas pemahaman matematika siswa di SD & SMP karena dalam proses pembelajaran matematika, guru umumnya terlalu berkonsentrasi pada latihan menyelesaikan soal yang bersifat prosedural dan mekanistis dari pada menanamkan pemahaman. Kenyataan pada pembelajaran di kelas IIB SDN 2 Karangayu, pembelajaran masih berpusat pada guru. Kemampuan berfikir siswa baik secara individu maupun kelompok kurang dioptimalkan, sehingga perlu alternatif pembelajaran dengan model Think Pair Share yang dapat mengoptimalkan daya berfikir individu dan kelompok siswa. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu, apakah model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan penjumlahan siswa kelas IIB SDN 2 Karangayu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan penjumlahan pada siswa kelas IIB SDN 2 karangayu dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IIB SDN 2 Karangayu yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Untuk teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa tes tertulis melalui alat pengumpulan data berupa materi soal tes. Selanjutnya untuk menjaga validitas hasil penelitian maka data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode pengolahan data dengan teknik analisis deskriptif, yaitu membandingkan hasil antara data awal, siklus I, dan Siklus II kemudian temuan selama pelaksanaan penelitian yang selanjutnya dibahas bersama guru kelas dan observer. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam kemampuan penjumlahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Rata-rata keterampilan guru meningkat dari25 dengan kriteria baik (siklus I)menjadi 31 dengan kriteria sangat baik (siklus II).Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari rata-rata 16,17 dengan kriteria baik (siklus I) menjadi 20,2 dengan kriteria sangat baik (siklus II).Rata-rata prestasi belajar meningkatdari nilai 70,42 (siklus I),menjadi 76,14 (siklus II). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan penjumlahan siswa kelas IIB SD Karangayu 02 Semarang. Saran yang dapat diberikan ialah sebaiknya pembelajaran matematika yang menggunakan cara konvensional bisa divariasikan dengan model pembelajaran yang inovatif.Model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Sharetidak hanya digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran penjumlahan bilangan saja tetapi bisa dicobakan pada materi pelajaran dan mata pelajaran lain di sekolah, karena model pembelajaran ini mampu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan penjumlahan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kooperatif, Think Pair Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 15 May 2012 01:09 |
Last Modified: | 15 May 2012 01:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12028 |
Actions (login required)
View Item |