Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kab.Batang


Muhammad Sholihun Basri, 1401909065 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kab.Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kab.Batang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kab.Batang) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Basri, Muhammad Sholihun. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)Pada Siswa Kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kab.Batang. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing (1) Dra. Arini Esti Astuti,M.Pd. dan (2) Masitah,S.Pd,M.Pd.154 Hal. Kata kunci : IPS, Kualitas Pembelajaran, Numbered Head Together (NHT) Kualitas pembelajaran IPS di kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kab. Batang masih rendah. Hal ini dibuktikan bahwa dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa bersifat pasif. Oleh karena itu peneliti melakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) keterampilan guru dalam proses pembelajaran IPS materi pokok macam-macam dokumen pada siswa kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kab. Batang dapat meningkat?, 2) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPS materi pokok macam-macam dokumen pada siswa kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kab. Batang dapat meningkat?, dan 3) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS materi pokok macam-macam dokumen pada siswa kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kab.Batang dapat meningkat ?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS pada siswa kelas II SD Negeri Pecalungan 02 Kec. Pecalungan Kab. Batang melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 12 anak terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan serta guru kelas II SDN Pecalungan 02 Kec. Pecalungan Kab. Batang. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes berupa tes tertulis melalui alat pengumpulan data berupa materi soal tes, dan lembar pengamatan untuk mengamati keterampilan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Selanjutnya data hasil penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran IPS materi pokok macam-macam dokumen melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Skor keterampilan guru meningkat dari 18 dengan kriteria cukup (siklus I) menjadi 21 dengan kriteria baik (siklus II), dan 23 dengan kriteria baik (siklus III). Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari rata-rata 1,8 dengan kriteria cukup (siklus I) menjadi 2,3 dengan kriteria cukup (siklus II), dan 2,6 dengan kriteria baik (siklus III). Rata-rata hasil belajar meningkat dari nilai 68,3 (siklus I), menjadi 72,5 (siklus II), dan 81 (siklus III). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas II SDN Pecalungan 02 Kab. Batang. Saran yang dapat penulis berikan adalah hendaknya guru mengembangkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) supaya dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, Kualitas Pembelajaran, Numbered Head Together (NHT)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 00:29
Last Modified: 15 May 2012 00:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item