Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Gumawang 03 Pecalungan Batang


Wisnu Persadha, 1401909064 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Gumawang 03 Pecalungan Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Gumawang 03 Pecalungan Batang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Gumawang 03 Pecalungan Batang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Persadha. Wisnu. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Gumawang 03 Pecalungan Batang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Sri Sugiyatmi, M.Kes. dan Pembimbing II: Drs. Jaino, M.Pd. Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Pembelajaran IPA di SD menurut KTSP yaitu berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip saja tetapi juga suatu proses penemuan. Berdasarkan observasi awal pembelajaran IPA di SDN Gumawang 03 Pecalungan masih berpusat pada guru dan didominasi dengan ceramah. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran berjalan satu arah atau monoton. Oleh karena itu, diadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) apakah penerapan pendekatan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, (2) apakah penerapan pendekatanNumbered Head Together (NHT)dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan (3) apakah penerapan pendekatan Numbered Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA, dan (3) meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gumawang 03 Pecalungan Batang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gumawang 03 Pecalungan Kabupaten Batang dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 5 siswa putri. Variabel penelitian ini adalah kemampuan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada tiap siklusnya. Prosentase aktivitas siswa siklus I sebesar 61,04%, pada siklus II meningkat menjadi 77,19%, dan pada siklus III mencapai 84,52%. Data hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan belajar sebesar 60%, pada siklus II nilai rata-rata 77 dengan ketuntasan belajar sebesar 82%, dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 80 dengan ketuntasan belajar mencapai 88%. Kesimpulan, penelitian tindakan kelas adalah bahwa penerapan pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi pihak-pihak lain yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut, disarankan untuk mengembangkan pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) baik pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lain karena telah terbukti efektif dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 07:43
Last Modified: 14 May 2012 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12009

Actions (login required)

View Item View Item