Pengembangan Media Audio Terpadu Berbasis Internet untuk Pembelajaran Menyimak Berita Kelas X


Irkhamudin , 2102407009 (2012) Pengembangan Media Audio Terpadu Berbasis Internet untuk Pembelajaran Menyimak Berita Kelas X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Audio Terpadu Berbasis Internet untuk Pembelajaran Menyimak Berita Kelas X]
Preview
PDF (Pengembangan Media Audio Terpadu Berbasis Internet untuk Pembelajaran Menyimak Berita Kelas X) - Published Version
Download (148kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa pada kompetensi menyimak merupakan salah satu kompetensi yang dianggap sulit baik oleh siswa maupun guru. Kesulitan ini terletak pada media yang tidak semua guru bisa membuat, serta membutuhkan konsentrasi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran menyimak ini. Beberapa media telah dikembangkan untuk menutup berbagai kekurangan media yang telah ada, akan tetapi masih ditemukan saja kekurangannya. Begitu pula untuk guru, masih banyak guru yang hanya membacakan materi menyimak atau menyuruh siswa lain untuk membaca materi sedangkan siswa lainnya menyimak. Sehingga pembelajaran dirasa kurang menarik, monoton dan juga indikator bisa tidak tercapai. Pada materi menyimak, khususnya menyimak berita, guru merasa lebih mudah bila pembelajaran menyimak berita cukup dengan guru membacakan berita dan siswa menyimak serta menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan berita tersebut. Hal ini bisa menjadikan pembelajaran tidak kondusif apabila siswa tidak bisa tenang, tidak bisa berkonsentrasi, suara guru tidak keras, pelafalan yang tidak jelas dan lain sebagainya. Dengan dasar tersebut, penulis mencoba menyusun sebuah media yang bisa digunakan siswa maupun guru untuk pembelajaran menyimak berita. Media tersebut adalah media menyimak berita yang diakses melalui internet. Jadi di dalam sebuah website yang disusun penulis terdapat media menyimak berita yang bisa didengarkan melalui laptop atau komputer yang mempunyai koneksi internet. Media ini dapat diakses pada url www.belajarbahasajawa.co.cc. Media ini diakses melalui internet dengan harapan guru dan siswa bisa menggunakannya secara mudah, dimanapun dan kapanpun serta menjadi media yang menarik minat siswa dalam pembelajaran. Media ini juga bisa diakses melalui telepon seluler. Sehingga paradigma bahwa pembelajaran bahasa Jawa khususnya menyimak adalah pembelajaran yang membosankan diharapkan bisa hilang dan berganti paradigma pembelajaran Bahasa Jawa adalah pembelajaran yang menyenangkan, komunikatif dan kreatif. Walaupun media ini belum diujicobakan, harapannya media ini bisa digunakan oleh guru sebagai bahan mengajar serta digunakan oleh siswa sebagai referensi mencari materi pembelajaran. Media web ini masih terbuka untuk kembali dikembangkan karena mempunyai kemampuan untuk ditambah, diedit maupun dikurangi. Sehingga diharapkan media ini bisa mengikuti perkembangan jaman dan menjadi media yang interaktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Menyimak, Berita, Audio, Internet, Web, Bahasa Jawa, SMA.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2012 07:40
Last Modified: 14 May 2012 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12008

Actions (login required)

View Item View Item