Permajasan dalam Kumpulan Geguritan “Layang Pangentasan” Karya Suryanto Sastroatmodjo


Eka Nur Fidiyani , 2102406662 (2012) Permajasan dalam Kumpulan Geguritan “Layang Pangentasan” Karya Suryanto Sastroatmodjo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Permajasan dalam Kumpulan Geguritan “Layang Pangentasan” Karya Suryanto Sastroatmodjo]
Preview
PDF (Permajasan dalam Kumpulan Geguritan “Layang Pangentasan” Karya Suryanto Sastroatmodjo) - Published Version
Download (129kB) | Preview

Abstract

Geguritan merupakan karya sastra yang mempunyai gaya bahasa atau ciri khas tersendiri. Segala unsur seni mengental di dalamnya. Geguritan sebagai salah satu karya sastra tulis yang mempunyai nilai tersendiri bagi penulis dan pembacanya. Untuk memahaminya diperlukan pengetahuan tentang majas dan fungsinya. Geguritan “Layang Pangentasan” karya Suryanto Sastroatmodjo terdiri dari 86 geguritan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja majas dan fungsi permajasan geguritan “Layang Pangentasan” karya Suryanto Sastroatmodjo. Berkaitan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menentukan majas dan fungsi permajasan geguritan “Layang Pangentasan” karya Suryanto Sastroatmodjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif dengan metode stilistika. Tujuannya untuk membongkar dan memaparkan keseluruhan majas dan fungsi permajasan geguritan “Layang Pangentasan” karya Suryanto Sastroatmodjo. Hasil penelitian ini adalah majas yang ditemukan dalam geguritan “Layang Pangentasan” karya Suryanto Sastroatmodjo yang terdiri atas 6 majas: majas personifikasi, simile, metafora, sinekdoke, metonimia, dan alegori. Majas yang mendominasi dalam geguritan karya Sastroatmodjo adalah majas personifikasi. Selain itu, terdapat juga geguritan yang mempunyai majas lebih dari satu. Majas dalam sebuah geguritan di samping membuat menarik, juga masih memiliki fungsi lain. Fungsi majas dalam geguritan karya Suryanto Sastroatmodjo adalah untuk menghasilkan kesenangan imajinatif, menghasilkan imaji tambahan, menambah intensitas perasaan, dan untuk mengkonsentrasikan makna. Saran untuk pembaca adalah hasil penelitian ini diharapakan dapat dijadikan sebagai panduan dalam memahami geguritan, sehingga generasi berikutnya mampu menganalisis geguritan dengan pendekatan dan metode lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: geguritan, majas, fungsi, Layang Pangentasan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2012 07:34
Last Modified: 14 May 2012 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12007

Actions (login required)

View Item View Item