Penerapan Asas Kontradiktur Delimitasi Dalam Pendaftaran Tanah Sporadik Di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang


Qoyum Maulana, 3450407085 (2012) Penerapan Asas Kontradiktur Delimitasi Dalam Pendaftaran Tanah Sporadik Di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Asas Kontradiktur Delimitasi Dalam Pendaftaran Tanah Sporadik Di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang] Microsoft Word (Penerapan Asas Kontradiktur Delimitasi Dalam Pendaftaran Tanah Sporadik Di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Maulana, Qoyum. 2012. Penerapan Asas Kontradiktur Delimitasi Dalam Pendaftaran Tanah Sporadik Di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Skripsi, Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang. Drs. Suhadi, S.H., M.Si dan Rofi Wahanisa, S.H., M.H. 105 Halaman Kata Kunci: Asas Kontradiktur Delimitasi, Pendaftaran Tanah Sporadik Pendaftaran tanah sporadik merupakan pendaftaran tanah untuk pertama kali dimana dalam pelaksanaannya diadakan kegiatan pengukuran dan pemetaan batas tanah yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan yang disaksikan dan disetujui oleh pihak yang bersangkutan dan juga pihak-pihak pemilik tanah yang berbatasan, kegiatan pengukuran dan pemetaan batas tanah tersebut juga dilakukan pada pendaftaran tanah sporadik di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang pada tahun 2009. Permasalahan yang dikaji yaitu: 1) Bagaimana penerapan asas Kontradiktur Delimitasi dalam pendaftaran tanah sporadik di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, 2) Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan asas Kontradiktur Delimitasi dalam pendaftaran tanah sporadik di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, 3) Tindakan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang apabila penerapan asas Kontradiktur Delimitasi dalam pendaftaran tanah sporadik di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang belum terlaksana. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris, spesifikasi penelitian deskriptif kualitatif, fokus penelitian penerapan asas Kontradiktur Delimitasi dalam pendaftaran tanah sporadik di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang tahun 2009, teknik pengumpulan data dengan wawancara, dan studi dokumen/bahan pustaka. Hasil penelitian ini yaitu penerapan asas Kontradiktur Delimitasi dalam pendaftaran tanah sporadik di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang belum sepenuhnya terlaksana karena masih ada sebagian penerapan asas Kontradiktur Delimitasi belum terlaksana. Kendala yang dihadapi dalam penerapan asas tersebut yaitu perselisihan pendapat antara pihak pemohon dengan pihak yang berbatasan mengenai hasil pengukuran dengan buku C desa dan SPPT, ketidakhadiran pihak yang berbatasan karena diluar kota, tindakan Kantor Petanahan Kabupaten Pemalang mengenai kendala tersebut menyerahkan sepenuhnya kepada para pihak yang bersengketa untuk menyelesaikannya. Simpulannya yaitu penerapan asas Kontradiktur Delimitasi dalam pendaftaran tanah sporadik di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang masih belum sepenuhnya terlaksana. Dalam penyelesaian permasalahan mengenai penerapan asas Kontradiktur Delimitasi yang dialami, pihak Kantor Pertanahan menyerahkan sepenuhnya ke pihak yang bersengketa untuk menyelesaikannya. Saran penulis yaitu perlu adanya kerjasama antara pemerintah desa dengan Kantor Pertanahan untuk mensosialisasikan tentang pentingnya asas Kontradiktur Delimitasi dalam pendaftaran tanah, dan lebih aktif membantu menyelesaikan permasalahannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asas Kontradiktur Delimitasi, Pendaftaran Tanah Sporadik
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2012 06:46
Last Modified: 14 May 2012 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11997

Actions (login required)

View Item View Item