Analisis Perilaku Tokoh Utama Novel Bel Ami dalam Teori Psikologi Individu Alfred Adler


Mayasari, 2350405023 (2012) Analisis Perilaku Tokoh Utama Novel Bel Ami dalam Teori Psikologi Individu Alfred Adler. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Perilaku Tokoh Utama Novel Bel Ami dalam Teori Psikologi Individu Alfred Adler] Microsoft Word (Analisis Perilaku Tokoh Utama Novel Bel Ami dalam Teori Psikologi Individu Alfred Adler) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Mayasari. 2012. Analisis Perilaku Tokoh Utama Novel Bel Ami dalam Teori Psikologi Individu Alfred Adler. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dra. Conny Handayani , M.Hum. Pembimbing II. Suluh Edhi Wibowo, S.S. M.Hum. Kata kunci : Analisis, Psikologi Individu Ada dua macam genre sastra, yaitu imajinatif dan non imajinatif. Sastra non imajinatif terdiri dari esai, kritik, bografi, catatan dan surat-surat, sedangkan genre sastra imajinatif terdiri dari puisi, prosa, dan drama. Salah satu contoh karya sastra imajinatif jenis prosa adalah novel. Di dunia sastra Prancis, novel merupakan jenis karya sastra yang banyak diciptakan terutama mulai abad ke 19. Guy de Maupassant penulis terkenal Prancis yang banyak mengeluarkan karya sastra berupa cerpen juga pernah menulis beberapa novel. Salah satu novel yang pernah diciptakanya berjudul Bel Ami yang bercerita tentang kehidupan seorang jurnalis dalam perjuangannya menggapai mimpi. Dalam perjalanan hidupnya, jurnalis tersebut menunjukkan perubahan karakter yang disebabkan oleh harapan yang ingin dia capai. Sebuah teori yang dikembangkan oleh Alfred Adler, seorang psikolog yang berpendapat bahwa karakter manusia ditentukan dari apa yang menjadi harapannya di masa depan, akan digunakan untuk menganalisis perkembangan jiwa yang terjadi dalam diri tokoh utama dalam novel tersebut. Penggunaan teori ini didasarkan pada persamaan konsep teori Psikologi Individu yang diciptakan Adler dan kisah yang diceritakan dalam novel Bel Ami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan karakter yang terjadi pada tokoh utama dalam perjalanannya meraih tujuan ditinjau dari teori Psikologi Individu Alfred Adler. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel Bel Ami karya Guy de Maupasant. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Bel Ami yang diunduh lewat situs http://abu.cnam.fr/. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan teknik pustaka. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis apakah perkembangan jiwa yang terjadi pada diri tokoh utama tersebut sesuai dengan pokok-pokok teori Psikologi Individu terutama pada tahapan pertama, kedua, dan ketiga. Hasil analisis menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel Bel Ami yang pada awalnya merasa inferior akhirnya berhasil mengkompensasi kekurangannya. Kemudian setelah keluar dari kesulitannya ia berusaha mendapatkan keinginannya namun dalam usahanya tersebut diketahui bahwa tokoh utama tidak memiliki minat sosial yang baik, sehingga cara-cara yang digunakannya sering melanggar etika masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Psikologi Individu
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 May 2012 01:25
Last Modified: 11 May 2012 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11962

Actions (login required)

View Item View Item