Pemanfaatan Metode Demonstrasi sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dalam Berkarya Keramik.


Moh Sudarwo, 2401407036 (2012) Pemanfaatan Metode Demonstrasi sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dalam Berkarya Keramik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Metode Demonstrasi sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dalam Berkarya Keramik.] Microsoft Word (Pemanfaatan Metode Demonstrasi sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dalam Berkarya Keramik.) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Sudarwo, Moh. 2012. Pemanfaatan Metode Demonstrasi sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dalam Berkarya Keramik. Skripsi. Jurusan Seni Rupa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Syafii, M.Pd. dan Pembimbing II: Drs. PCS. Ismiyanto, M.Pd. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Keramik. Hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dalam berkarya keramik masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa diketahui dari data dokumentasi nilai yang dimiliki guru bidang studi Seni Budaya SMP Negeri 4 Demak yaitu berupa data nilai siswa kelas VII F dalam berkarya keramik, nilai rata-rata siswa kelas VII F di bawah nilai KKM 70 sebesar 58,82%, tergolong masih rendah dan perlu adanya upaya peningkatan. Selain itu proses pembelajaran keramik menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui metode demonstrasi yang tepat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dalam berkarya keramik dan mengetahui serta menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dalam berkarya keramik setelah menggunakan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri 4 Demak. Subyek penelitian yaitu siswa-siswi kelas VII F tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa. Variabel penelitian yaitu penggunaan metode demonstrasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa dalam berkarya keramik sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes (tes keterampilan) dan nontes (observasi, wawancara, angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Demak pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 67,03, yang masih di bawah nilai KKM 70. Setelah diterapkan metode demonstrasi pada siklus I terbukti meningkat dengan hasil nilai rata-rata sebesar 72,20, dan mencapai batas KKM 70, dengan diikuti respons baik dari siswa melalui hasil angket siklus I sebesar 75,9%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 81,41, dan sudah mencapai target di atas batas nilai KKM 70, dengan diikuti respons baik sekali dari siswa melalui hasil angket siklus II sebesar 88,3%. Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dari prasiklus ke siklus I sebesar 5,17 poin, dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,21 poin. Metode demonstrasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Demak dalam berkarya keramik adalah metode demonstrasi yang pelaksanaannya runtut dan sistematis, serta melibatkan siswa saat proses pembelajaran. Selain kedua aspek tersebut, faktor lain yang menyebabkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam berkarya keramik yaitu penguasaan media dan keterampilan yang baik dari guru saat demonstrasi, kecakapan berbicara guru saat demonstrasi, dan penataan tata letak tempat duduk siswa. Saran yang dapat peneliti sampaikan bagi guru bidang studi seni budaya yaitu hendaknya metode demonstrasi diterapkan dalam pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan/praktik seperti pembelajaran keramik. Bagi peneliti lain atau calon guru, hendaknya hasil penelitian ini perlu dijadikan referensi ketika terjun menjadi pendidik atau guru nantinya sehingga dapat meningkatkan kinerja dan kreativitas dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Keramik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 May 2012 01:12
Last Modified: 11 May 2012 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11959

Actions (login required)

View Item View Item