Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab Pada Siswa Kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal


Mushonef Zubaid, 2401407035 (2012) Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab Pada Siswa Kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab Pada Siswa Kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal] Microsoft Word (Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab Pada Siswa Kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Zubaid, Mushonef. 2012. “Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab Pada Siswa Kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal”. Skripsi. Semarang : Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Nur Rokhmat, M. Pd; Pembimbing II : Drs. Triyanto, M.A. Kata Kunci : Pembelajaran, seni rupa, kaligrafi Arab. MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal merupakan sekolah berbasic Islam dalam mata pelajaran seni budaya mengembangkan materi kaligrafi Arab. Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran seni kaligrafi Arab siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal, (2) Bagaimanakah hasil pembelajaran seni kaligrafi Arab siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal, (3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran seni kaligrafi Arab Siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis permasalahan tersebut. Manfaat penelitian ini adalah (1) Sebagai bahan masukan kepada guru seni budaya, (2) Bagi sekolah, sebagai masukan untuk memperbaiki proses pembelajaran, (3) Menambah referensi perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Pembelajaran seni kaligrafi Arab di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal dalam pembelajaran berlangsung melalui komponen pembelajaran yang meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan Pembelajaran siswa mampu mengapresiasi dan berkarya seni kaligrafi Arab. Materi yang diberikan adalah pengetahuan mengenai kaligrafi Arab seperti pengertian, jenis, media, serta prosedur pembuatan seni kaligrafi Arab. Strategi yang dipakai adalah Child Centered Strategies (CCS). Metode yang digunakan dalam pembelajaran meliputi metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penugasan, media pembelajaran dengan menggunakan papan tulis dan contoh karya seni kaligrafi Arab. Kegiatan evaluasi dalam pembelajaran dilakukan dengan tiga model evaluasi, yakni uji lisan, uji tulis, dan uji praktek, hasil pembelajaran seni kaligrafi Arab MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal adalah 75 untuk nilai rata-rata Apresiasi dan 77 untuk nilai rata-rata kreasi yang tergolong pada nilai dengan kategori baik. Berdasarkan penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (1) kepala Sekolah perlu menambah ruang praktik, agar siswa lebih termotivasi dalam berkarya seni. (2) guru perlu menambah sumber pembelajaran, agar(3) guru perlu memanfaatkan media pembelajaran berupa LCD (4) sekolah perlu menyediakan bahan dan alat untuk berkarya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, seni rupa, kaligrafi Arab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 May 2012 01:10
Last Modified: 11 May 2012 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

View Item View Item