Anak Kelas V dalam Menggambar Ilustrasi di Sekolah Dasar Negeri 01 Jatirawa Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal
Andri Fitriasih, 2401407004 (2012) Anak Kelas V dalam Menggambar Ilustrasi di Sekolah Dasar Negeri 01 Jatirawa Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Anak Kelas V dalam Menggambar Ilustrasi di Sekolah Dasar Negeri 01 Jatirawa Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal)
- Published Version
Download (27kB) |
Abstract
Fitriasih, Andri. 2012. Kreativitas Anak Kelas V dalam Menggambar Ilustrasi di Sekolah Dasar Negeri 01 Jatirawa Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Skripsi, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs.PC.S.Ismiyanto, M.Pd. dan Pembimbing II: Drs.Syafii, M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas, Anak Kelas V, Gambar Ilustasi. Kreativitas merupakan salah satu bekal yang dibutuhkan dalam perkembangan kehidupan terutama pendidikan. Berdasarkan pernyataan tersebut, penulis tertarik untuk meneliti kreativitas anak Kelas V dalam menggambar Ilustrasi di Sekolah Dasar Negeri 01 Jatirawa Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kreativitas anak Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Jatirawa Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dalam menggambar ilustrasi? (2) Apa faktor-faktor determinan kreativitas anak Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Jatirawa Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dalam menggambar ilustrasi? Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri 01 Jatirawa Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Adapun analisis data dilakukan melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak Kelas V SD Negeri 01 Jatirawa dalam menggambar ilustrasi masih kurang, siswa dengan nilai tinggi semuanya adalah siswa perempuan. Hasil karya menunjukkan siswa melihat objek gambar pada buku kemudian digambar pada kertas gambar dan menambahkan beberapa objek lain sesuai dengan keinginan sendiri, selain itu siswa juga masih terpengaruh dengan teman sebangku yaitu mencontoh baik tema maupun objek yang digambar. Faktor-faktor determinan kreativitas anak Kelas V SD Negeri 01 Jatirawa dalam menggambar ilustrasi ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor-faktor yang mendukung kreativitas siswa dalam menggambar ilustrasi terdiri dari faktor internal dan ekternal. Faktor internal yang menjadi pendukung adalah faktor psikologis dan faktor fisiologis. Faktor eksternal yang mendukung faktor keluarga dan faktor lingkungan. Faktor yang menghambat kreativitas adalah faktor keluarga, lingkungan tempat tinggal dan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) Bagi pihak sekolah yaitu agar proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di SD Negeri 01 Jatirawa lebih efektif dan terarah sesuai dengan tujuan pembelajaran. (2) Bagi guru yang notebene adalah guru kelas agar tidak hanya mengutamakan pelajaran yang diujikan pada ujian akhir sekolah, diharapkan mampu memiliki strategi dalam pelaksaaan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (seni rupa) berupa sikap kreatif yang diterapkan terhadap siswa sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. (3) Bagi orang tua siswa hendaknya lebih menanamkan kreativitas pada anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Anak Kelas V, Gambar Ilustrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 11 May 2012 01:06 |
Last Modified: | 11 May 2012 01:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11957 |
Actions (login required)
View Item |