Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Model Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis melalui Media Berita Foto pada Siswa Kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal


Diah Rahmawati , 2101407149 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Model Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis melalui Media Berita Foto pada Siswa Kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Model Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis melalui Media Berita Foto pada Siswa Kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Model Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis melalui Media Berita Foto pada Siswa Kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal) - Published Version
Download (409kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis sebagai salah satu komponen dalam keterampilan berbahasa mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan cara menulis seseorang dapat mengungkapkan atau mencurahkan seluruh pikiran, perasaan dalam sebuah tulisan. Oleh karena itu, pemelajaran menulis juga perlu diperhatikan karena keterampilan menulis bukan sesuatu yang diperoleh dengan begitu saja tetapi diperoleh melalui sebuah proses pembelajaran yang intensif. Peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi perlu ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran dan media belajar yang tepat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia diketahui bahwa tingkat keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal masih rendah. Rendahnya keterampilan menulis paragraf argumentasi disebabkan oleh faktor internal atau dari siswanya dan faktor eksternal atau dari lingkungan sekitar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model kooperatif terpadu membaca dan menulis melalui media berita foto pada siswa kelasX-4 SMA PGRI 01 Kendal (2) peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal setelah mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif terpadu membaca melalui media berita foto dan (3) perubahan perilaku pada siswa kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model kooperatif terpadu membaca dan menulis melalui media berita foto. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X-4 SMS PGRI 01 Kendal dengan model kooperatif terpadu membaca dan menulis melalui media berita foto; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal setelah mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif terpadu membaca dan menulis melalui media berita foto; dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model kooperatif terpadu membaca dan menulis melalui media berita foto. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal. Dalam penelitian ini digunakan dua variabel yaitu (1) keterampilan menulis paragraf argumentasi dan (2) model kooperatif terpadu membaca dan menulis. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II digunakan teknik tes dan nontes dengan penerapan teknik pembelajaran. Tes yang digunakan adalah tes unjuk kerja berupa penugasan menulis paragraf argumentasi, sedangkan teknik nontes yang digunakan berupa observasi, catatan harian siswa, catatan harian guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Dalam penelitian ini digunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif untuk menganalisis dan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Sementara itu, teknik kualitatif untuk menganalisis dan membandingkan hasil nontes siklus I dan siklus II. Penggunaan model kooperatif terpadu membaca dan menulis melalui media berita foto terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Peningkatan diketahui dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal yang meliputi tes prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata kelas 65,62. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 70,14. Terjadi peningkatan hasil keterampilan menulis paragraf argumentasi 4,52 poin atau 6,89%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 80,31. Jadi peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi dari prasiklus ke siklus II adalah 14,69 poin atau 22,39% dan dari siklus I sampai siklus II adalah 10,17 poin atau 14,49%. Peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi ini diikuti dengan perubahan perilaku siswa kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal yang berubah ke arah yang positif. Pada siklus II siswa terlihat lebih tertarik, lebih aktif, dan makin bersemangat mengikuti pembelajaran terhadap model pembelajaran yang digunakan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal mengalami peningkatan dan perubahan perilaku yang lebih positif setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model kooperatif terpadu membaca dan menulis melalui media berita foto. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyampaikan kepada guru khususnya guru kelas X-4 SMA PGRI 01 Kendal untuk menggunakan model kooperatif terpadu membaca dan menulis melalui media berita foto pada pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian pengembangan yang lebih lanjut mengenai keterampilan menulis paragraf argumentasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, paragraf argumentasi, model kooperatif terpadu membaca dan menulis, media berita foto.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 May 2012 07:28
Last Modified: 10 May 2012 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11950

Actions (login required)

View Item View Item