Pengembangan Bahan Ajar Cerita Berbasis Konservasi Budaya bagi Siswa SD Kelas Tinggi.


Tri Lestari, 2101407139 (2012) Pengembangan Bahan Ajar Cerita Berbasis Konservasi Budaya bagi Siswa SD Kelas Tinggi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Cerita Berbasis Konservasi Budaya bagi Siswa SD Kelas Tinggi.]
Preview
PDF (Pengembangan Bahan Ajar Cerita Berbasis Konservasi Budaya bagi Siswa SD Kelas Tinggi.) - Published Version
Download (416kB) | Preview

Abstract

Cerita berada pada posisi pertama dalam mendidik etika kepada anak. Cerita juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengenalkan kekayaan budaya bangsa. Budaya asing kini kian mewabah dan mulai mengikis eksistensi budaya bangsa, khususnya budaya lokal yang sarat makna. Budaya lokal yang lebih sesuai dengan karakter bangsa semakin sulit diterima, sementara itu budaya global lebih mudah merasuk sehingga diperlukan langkah prefentif untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengintegrasikan budaya dengan pembelajaran sastra di dekolah, khususnya pembelajaran yang berkaitan dengan cerita. Dengan demikian, perlu dikembangkan bahan ajar buku cerita anak yang berbasis konservasi budaya sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kebutuhan bahan ajar cerita berbasis konservasi budaya dalam pembelajaran cerita bagi siswa SD tingkat tinggi, (2) bagaimanakah prinsip-prinsip bahan ajar cerita berbasis konservasi budaya bagi siswa SD tingkat tinggi, (3) bagaimanakah hasil pengujian produk bahan ajar cerita berbasis konservasi budaya yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru SD tingkat tinggi. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta didik akan bahan ajar cerita berbasis konservasi budaya untuk siswa SD tingkat tinggi, (2) mendeskripsikan prinsip-prinsip bahan ajar cerita berbasis konservasi budaya bagi siswa SD tingkat tinggi, (3) mendeskripsikan hasil pengujian produk bahan ajar cerita berbasis konservasi budaya yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru SD tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall dalam buku Sugiyono kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi enam tahapan, yaitu (1) survey pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe buku cerita, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan perbaikan produk, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kebutuhan bahan ajar yang dibutuhkan siswa maupun guru SD. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil penelitian, yaitu analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar cerita anak, meliputi (1) kebutuhan isi buku cerita anak yang mencakup (i) siswa dan guru membutuhkan bahan ajar lai selain buku teks (ii) buku cerita yang diinginkan adalah buku cerita yang banyak gambar dan warnanya (iii) jenis cerita yang diinginkan adalah cerita fantasi (iv) tema yang diinginkan adalah yang berkaitan dengan sikap positif seorang anak (v) tokoh yang disukai adalah tokoh binatang dengan karakter jujur (vi) suasana yang diinginkan adalah suasana bahagia (vii) alur yang diinginkan semua kejadian diceritakan dari lahirnya tokoh ingga meninggal (viii) latar yang diinginkan di pedesaan pada waktu pagi, (2) kebutuhan fisik buku cerita anak yang mencakup (i) bentuk gambar yang diinginkan adalah gambar kartun (ii) warna yang diinginkan adalah warna-warna lembut (iii) ukuran huruf dibuat besar (iv) bentuk huruf yang diinginkan monotype corsiva (v) ukuran buku sedang (vi) bentuk buku persegi seperti buku cerita (vii) ketebalan buku lebih dari 80 halaman, (3) harapan terhadap buku cerita anak adalah dapat dijadikan sebagai hiburan sekaligus bahan ajar. Penilaian terhadap protitipe bahan ajar cerita anak yang berbasis konservasi budaya berdasarkan penilaian yang diberikan guru dan ahli, yaitu sebagai berikut: (1) pada dimensi sampul buku, perolehan nilai rata-rata 70,9 dengan kategori baik, (2) pada dimensi bentuk buku, nilai rata-rata yang diperoleh 82,6 dengan kategori baik, (3) pada dimensi judul buku, nilai rata-rata yang diperoleh 71,9 dengan kategori baik, (4) pada dimensi isi buku cerita, nilai rata-rata yang diperoleh 82,5 dengan kategori baik, dan (5) dimensi materi buku cerita dengan nilai-rata-rata 77,7 dengan kategori baik. Perbaikan yang dilakukan terhadap buku cerita anak yang berbasis konservasi budaya, yaitu (1) perbaikan pada sampul depan buku, (2) perbaikan warna dasar pada petunjuk penggunaan buku, (3) perbaikan bahasa buku, yaitu dengan mengganti bahasa pada materi pengantar menjadi bahasa yang lebih komunikatif, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa serta penyuntingan diksi, ejaan, dan pemenggalan, serta (4) sedikit perubahan pada isi buku. Saran yang peneliti rekomendasikan, yaitu (1) untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang kini kian memudar, hendaknya penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa dilakukan sedini mungkin. Salah satu cara untuk melestarikan dan menanamkan nilai-nilai tersebut adalah melalui cerita anak, (2) siswa dan guru hendaknya menggunakan buku cerita ini sebagai salah satu alternatif bahan ajar di sekolah, (3) para pemerhati pendidikan hendaknya dapat mengadakan pengembangan terhadap buku cerita anak yang berbasis konservasi budaya untuk melengkapi berbagai buku cerita anak yang sudah ada di pasaran, (4) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku cerita anak yang berbais konservasi budaya. Pengujian yang lebih lanjut ini akan menghasilkan saran dan perbaikan yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas produk agar lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cerita, konservasi budaya, dan bahan ajar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 May 2012 07:10
Last Modified: 10 May 2012 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11947

Actions (login required)

View Item View Item