Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Dongeng dengan Program Adobe Flash bagi Siswa SMP Kelas VII.


Kholidah Lufiana Damayanti , 2101407119 (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Dongeng dengan Program Adobe Flash bagi Siswa SMP Kelas VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Dongeng dengan Program Adobe Flash bagi Siswa SMP Kelas VII.]
Preview
PDF (Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Dongeng dengan Program Adobe Flash bagi Siswa SMP Kelas VII.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan menyimak dongeng bagi kelas VII SMP memerlukan media pembelajaran. Pentingnya media pembelajaran menyimak dongeng adalah karena kebutuhan dari siswa dan guru. Kebutuhan tersebut terlihat dari beberapa hal antara lain: jarangnya media pembelajaran yang sesuai dengan keterampilan yang hendak diajarkan, kurangnya minat siswa pada saat pembelajaran, sulitnya guru memberikan pemahaman kepada siswa. Dari beberapa alasan tersebut, dibutuhkan media yang dapat memotivasi peserta didik untuk bisa menyimak dongeng. Oleh karena itu, perlu kiranya dikembangkan media pembelajaran menyimak dongeng sesuai kebutuhan siswa dan guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kebutuhan guru dan siswa terhadap media menyimak dongeng bagi siswa SMP kelas VII, (2) bagaimanakah karakteristik profil atau prototipe media menyimak dongeng bagi siswa SMP kelas VII, dan (3) bagaimanakah uji validasi profil atau prototipe media menyimak dongeng bagi siswa SMP kelas VII. Sementara itu, tujuan penelitian ini, yaitu (1) menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media menyimak dongeng bagi siswa SMP kelas VII, (2) menganalisis karakteristik profil atau prototipe media menyimak dongeng bagi siswa SMP kelas VII, dan (3) menganalisis uji validasi profil atau prototipe media menyimak dongeng bagi siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang meliputi beberapa tahap, yaitu (1) pendefinisian tujuan produk dan analisis kebutuhan, (2) awal pengembangan produk, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan perbaikan produk, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Fokus penelitian ini adalah prototipe media menyimak dongeng dengan program Adobe flash yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan guru. Sumber data kebutuhan media berasal dari guru dan siswa, sedangkan sumber data validasi berasal dari ahli dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Setelah penelitian dilakukan, diperoleh hasil penelitian, yaitu: 1) karakteristik media menyimak dongeng yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru kelas VII SMP, 2) profil media menyimak dongeng, 3) penilaian oleh guru dan ahli terhadap media menyimak dongeng. Saran yang direkomendasikan antara lain: 1) guru hendaknya menggunakan media media menyimak dongeng dalam pembelajaran keterampilan menyimak dongeng karena media ini mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, 2) perlu dikembangkan model pembelajaran yang sesuai dan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan menggunakan media menyimak dongeng, dan 3) media pembelajaran ini masih memungkinkan untuk dikembangkan bagi peningkatan kompetensi dasar lainnya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, program Adobe Flash, menyimak, dongeng.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 May 2012 07:05
Last Modified: 10 May 2012 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11945

Actions (login required)

View Item View Item