Serat Bayanolah Dalam Kajian Filologi


Arum Widiati, , 2151405006 (2012) Serat Bayanolah Dalam Kajian Filologi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Serat Bayanolah Dalam Kajian Filologi] Microsoft Word (Serat Bayanolah Dalam Kajian Filologi) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Widiati, Arum. 2011. Skripsi. Serat Bayanolah Dalam Kajian Filologi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Program Studi Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Hardyanto, Pembimbing II: Yusro Edy Nugroho, S.S., M.Hum. Kata kunci: Serat Bayanolah, Teks. Serat Bayanolah merupakan salah satu peninggalan warisan nenek moyang yang harus dirawat dan dilestarikan. Serat Bayanolah menceritakan tentang kehidupan manusia di dunia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Teks ini menarik untuk diteliti sebab di dalamnya berisi tentang keagamaan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana menyajikan suntingan teks Serat Bayanolah secara sahih menurut kajian filologi, sedangkan tujuan penelitian ini adalah menyajikan suntingan teks Serat Bayanolah secara sahih menurut kajian filologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian teks Serat Bayanolah adalah pendekatan filologi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks Serat Bayanolah, sedangkan sumber penelitian data ini adalah naskah dengan judul Serat Bayanolah yang merupakan koleksi pribadi Drs. Sukadaryanto, M.Hum. yang beralamat di Jl. Sindoro 1/17 Ungaran Barat. Metode yang digunakan adalah metode standar. Terjemahan teks Serat Bayanolah menggunakan terjemahan bebas agar hasil terjemahan teks sesuai dengan isi teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa naskah Serat Bayanolah merupakan naskah salinan, setelah peneliti mencari di katalog-katalog belum ditemukan teks yang sama. Teks ditulis dalam bentuk tembang, tebal 57 halaman, ditulis dengan aksara Jawa dan menggunakan bahasa Jawa. Teks Serat Bayanolah menceritakan tentang kehidupan manusia di dunia yang harus beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dan seluruh jiwa raganya diserahkan hanya kepada Allah SWT. Penelitian ini menghasilkan suntingan teks yang sahih menurut kajian filologi, aparat kritik, dan terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia. Peneliti menghadapi kendala dalam menyajikan teks Serat Bayanolah yaitu ada kata-kata yang mengalami kesalahan penulisan, seperti kurang atau lebih suku kata dan tanda baca. Selain itu sistem penulisan aksara Jawa dahulu yang berbeda dengan kaidah penulisan aksara Jawa sekarang membuat peneliti kesulitan membacanya. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi para peneliti untuk melakukan penelitian di bidang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Serat Bayanolah, Teks.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 05:31
Last Modified: 10 May 2012 05:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11941

Actions (login required)

View Item View Item