Pembelajaran Drum Band di Taman Kanak-Kanak Al-Furqon Kecamatan Kota Kabupaten Rembang


Bagus Setyo Nugroho, 2503407001 (2012) Pembelajaran Drum Band di Taman Kanak-Kanak Al-Furqon Kecamatan Kota Kabupaten Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Drum Band di Taman Kanak-Kanak Al-Furqon Kecamatan Kota Kabupaten Rembang] Microsoft Word (Pembelajaran Drum Band di Taman Kanak-Kanak Al-Furqon Kecamatan Kota Kabupaten Rembang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Nugroho, Bagus Setyo. 2012. Pembelajaran Drum Band di Taman Kanak-Kanak Al-Furqon Kecamatan Kota Kabupaten Rembang. Skripsi. Jurusan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Bagus Susetyo, M. Hum., Pembimbing II: Drs. Syahrul Syah Sinaga, M. Hum. Kata kunci: pembelajaran, drum band, TK. Pendidikan seni telah dikenalkan kepada anak sejak dini, yaitu pada saat anak memasuki taman kanak-kanak. Sama halnya dengan yang terjadi di TK Al-Furqon Rembang. Anak-anak diajarkan seni melalui kegiatan ekstrakurikuler drum band. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kecerdasan musikal serta mengenalkan dasar-dasar bermusik kepada anak sejak dini. Berdasarkan paparan tersebut, rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimanakah proses pembelajaran drum band di TK Al-Furqon Rembang, 2) faktor apa sajakah yang mempengaruhi pembelajaran drum band di TK Al-Furqon Rembang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsi proses serta faktor yang mempengaruhi pembelajaran drum band di TK Al-Furqon Rembang. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan masukan kepada guru dan pengajar Drum Band supaya ada peningkatan kualitas dalam sistem pembelajaran sehingga mudah dipelajari dan dipahami oleh siswa serta sebagai sumbang pemikiran bagi lembaga pendidikan tinggi Universitas Negeri Semarang khususnya mahasiswa jurusan pendidikan Seni Musik untuk lebih mengenal pembelajaran Drum band. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di TK Al-Furqon Rembang. Sasaran penelitian ini adalah proses dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran drum band di TK Al-Furqon Rembang. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran drum band di TK Al-Furqon digunakan metode demonstrasi, ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL), serta belajar sambil bermain. Dalam proses pembelajaran drum band, pelatih menggunakan teknik berhitung dan membagi anggota drum band menjadi kelompok-kelompok kecil. Materi yang disampaikan adalah pukulan single dan trididle. Pelatih mengajarkan posisi pukulan tangan dengan kode“A” untuk pukulan tangan kanan dan “I” untuk pukulan tangan kiri. Proses pembelajaran drum band di TK Al-Furqon dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Faktor internal, meliputi kesehatan, kecerdasan, bakat, motivasi, minat dan emosi siswa. Selain faktor internal juga terdapat faktor eksternal yaitu lingkungan sosial dan faktor instrumental (kurikulum, program, guru pengajar dan pelatih, serta sarana dan fasilitas). Saran yang disampaikan dari penelitian ini adalah diharapkan adanya pengadaan alat baru untuk mengganti alat yang sudah rusak, serta dilakukannya perawatan terhadap alat-alat drum band yang telah ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, drum band, TK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 05:12
Last Modified: 10 May 2012 05:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11936

Actions (login required)

View Item View Item