Musik Dangdut sebagai Simbol Strata Sosial Masyarakat di Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara


Feris Novel, 2503406031 (2012) Musik Dangdut sebagai Simbol Strata Sosial Masyarakat di Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Musik Dangdut sebagai Simbol Strata Sosial Masyarakat di Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara] Microsoft Word (Musik Dangdut sebagai Simbol Strata Sosial Masyarakat di Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Novel, Feris. 2012. Musik Dangdut sebagai Simbol Strata Sosial Masyarakat di Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Skripsi Jurusan Seni Drama Tari dan Musik. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Widodo, S.Sn., M.Sn., Pembimbing II: Drs. Bagus Susetyo, M.Hum. Kata Kunci : Musik Dangdut, Simbol Strata Sosial, Masyarakat, Kedudukan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana musik dangdut dijadikan sebagai sarana berkesenian masyarakat Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara?, dan 2) Apakah musik dangdut merupakan simbol strata sosial bagi masyarakat Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara? Tujuan dari penlitian ini adalah: 1) Musik dangdut sebagai sarana berkesenian masyarakat Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, dan 2) Musik dangdut merupakan simbol strata sosial bagi masyarakat Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Lokasi penelitian di Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Sasaran penelitian, masyarakat yang sudah pernah menggelar pertunjukan dangdut dalam acara hajat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan penelitian ini yaitu: 1) Musik dangdut di Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara merupakan jenis musik yang paling digemari oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga menjadikan berbagai pihak baik perorangan, instansi pemerintah, instansi swasta, lembaga, produsen produk, dan pengelola wisata di Wilayah Jepara menggunakan sarana musik dangdut untuk mencapai tujuannya masing-masing, dan 2) Simbol musik dangdut Bagi masyarakat di Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara adalah penyelenggaraan hiburan musik dangdut yang dijadikan tolok ukur untuk menunjukkan strata sosial masyarakat, karena biayanya yang mahal menjadikan hanya orang-orang tertentu dengan kondisi sosial ekonomi yang sudah mapan yang dapat menyelenggarakannya, kalaupun ada masyarakat strata sosial bawah yang menyelenggarakan hiburan musik dangdut sifatatnya adalah untuk meningkatkan gengsi (meningkatkan strata sosialnya di mata masyarakat umum) di luar kemampuan ekonominya yang sebenarnya. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah untuk masyarakat dengan strata sosial bawah di Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara penyelenggaraan hiburan musik dangdut sebagai salah satu cara untuk meningkatkan strata sosialnya akan membebani dirinya dengan beban hutang yang besar untuk tujuan itu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Musik Dangdut, Simbol Strata Sosial, Masyarakat, Kedudukan.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 05:10
Last Modified: 10 May 2012 05:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item