Fungsi Musik Khasidah Pada Kelompok Al-Kharomah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.A Wanita Semarang


Prasetianingrum Jatu Febti, 2503405032 (2012) Fungsi Musik Khasidah Pada Kelompok Al-Kharomah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.A Wanita Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Fungsi Musik Khasidah Pada Kelompok Al-Kharomah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.A Wanita Semarang] Microsoft Word (Fungsi Musik Khasidah Pada Kelompok Al-Kharomah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.A Wanita Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Prasetianingrum Jatu Febti, 2012. “Fungsi Musik Khasidah Pada Kelompok Al-Kharomah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.A Wanita Semarang”.Skripsi, Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1: Drs. Bagus Susetyo, M.Hum, Pembimbing 2: Drs.Moh. Muttaqin, M. Hum. Proses pembelajaran musik khasidah di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Semarang dilakukan seperti bentuk pembelajaran pada lazimnya, yang meliputi, tujuan, subjek belajar, metode, materi, media, dan evaluasi.fungsi pembinaan musik khasidah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Semarang meliputi, fungsi pembinaan mental, media hiburan, sarana keakraban bagi para warga binaan yang mengikuti pembinaan musik khasidah. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: Fungsi musik khasidah sebagai pembinaan para Warga binaan di dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.A Wanita Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan fungsi musik khasidah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Semarang. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan gambaran dan sumbangan pemikiran bagi masyarakat luas dan sebagai bahan refrensi serta masukan untuk penelitian masalah-masalah pembelajaran khususnya tentang pembelajaran musik khasidah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.A Wanita Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dngan menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian adalah Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Semarang. Sasaran penelitian adalah Fungsi pembinaanMusik Khasidah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Semarang Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan cara yaitu data direduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan musik Khasidah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.A Wanita Semarang disamping sebagai hiburan, pembinaan musik khasidah sangat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para warga binaan untuk dapat lebih rajin dalam beribadah. Untuk meningkatkan mutu pembinaan,sebaiknya Dalam memberian metode pembinaan pembimbing menggunakan metode tanya jawab, demonnstrasi, driil (mengulang), dan pemberian tugas pada proses pembinaan musik khasidah di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Semrang. Seharusnya pembimbing melakukan pendekatan-pendekatan khusus untuk mengetahui karakter-karakter setiap warga binaan yang mengikuti pembinaan musik khasidah, hal ini dimaksudkan agar para warga binaan lebih jelas dalam menerima materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 05:06
Last Modified: 10 May 2012 05:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11934

Actions (login required)

View Item View Item