Kemampuan Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2010/2011 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Dalam Menerjemahkan Kalimat Berverba Avoir
Idha Phullaravindayata, 2301405053 (2012) Kemampuan Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2010/2011 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Dalam Menerjemahkan Kalimat Berverba Avoir. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Kemampuan Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2010/2011 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Dalam Menerjemahkan Kalimat Berverba Avoir)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Phullaravindayata, Idha. 2012. Kemampuan Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2010/2011 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Dalam Menerjemahkan Kalimat Berverba Avoir. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dra. Dwi Astuti, M.Pd, II: Neli Purwani, S.Pd. Kata kunci : ungkapan verbal, makna verba avoir, penerjemahan. Setiap bahasa mempunyai sistem, peraturan kebahasaan, dan pengecualian terhadap peraturan kebahasaan itu sendiri. Perbedaan yang terdapat dalam hal-hal tersebut biasanya menyebabkan seseorang mengalami kesukaran dalam mempelajari, memahami dan menguasai bahasa lain. Kesukaran-kesukaran itu akan lebih terlihat saat seseorang melakukan kegiatan menerjemahkan, dalam usaha menemukan padanan bentuk bahasa sasaran (BSa) dari bahasa sumber (BSu), bahasa sasaran dalam hal ini adalah bahasa Indonesia dan bahasa sumber adalah bahasa Prancis. Mahasiswa semester IV telah mengenal verba avoir yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan Production Écrite, Compréhension Écrite, Production Orale, Compréhension Orale dari semester I sampai semester IV sehingga diharapkan telah menguasainya dengan baik. Oleh karena tidak adanya tes evaluasi bagi mahasiswa mengenai penerjemahan kalimat berverba avoir maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai kemampuan mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Prancis dalam menerjemahkan kalimat berverba avoir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menerjemahkan kalimat berverba avoir. Responden dalam penelitian ini sebanyak 21 mahasiswa semester IV prodi Pendidikan Bahasa Prancis 2010/2011. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan satu kali pengetesan dengan rumus Alpha. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil tes mahasiswa metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai nama dan jumlah mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis Semester IV BSA FBS UNNES. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Universitas Negeri Semarang dalam menerjemahkan kalimat berverba avoir tergolong “Baik”. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata mahasiswa yaitu 76. Nilai tertinggi adalah 85,13 dan nilai terendah adalah 53,38.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ungkapan verbal, makna verba avoir, penerjemahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PC Romance languages |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 May 2012 04:33 |
Last Modified: | 10 May 2012 04:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11930 |
Actions (login required)
View Item |