Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Gagasan Utama dengan Metode Think, Pair, and Share dan Metode Kalimat menggunakan Media Artikel Berita pada Siswa Kelas VIIc MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan,


Ihsanni Devi Aryati, 2101408114 (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Gagasan Utama dengan Metode Think, Pair, and Share dan Metode Kalimat menggunakan Media Artikel Berita pada Siswa Kelas VIIc MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Gagasan Utama dengan Metode Think, Pair, and Share dan Metode Kalimat menggunakan Media Artikel Berita pada Siswa Kelas VIIc MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan, ] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Gagasan Utama dengan Metode Think, Pair, and Share dan Metode Kalimat menggunakan Media Artikel Berita pada Siswa Kelas VIIc MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan, ) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Aryati, Ihsanni Devi. 2012. Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Gagasan Utama dengan Metode Think, Pair, and Share dan Metode Kalimat menggunakan Media Artikel Berita pada Siswa Kelas VIIc MTs YPI Toroh Kabupaten Grobogan, Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I Drs. Haryadi, M.Pd dan Pembimbing II Dr.Subyantoro, M.Hum. Kata Kunci : membaca intensif, gagasan utama, metode think,pair,and share , metode kalimat, artikel berita Keterampilan membaca sangat penting bagi siswa atau pelajar karena pusat kegiatan belajar adalah membaca. Berbagai mata pelajaran dan berbagai informasi dapat diserap dan dikuasai pelajar melalui kegiatan membaca. Nilai yang tinggi dapat diraih oleh siswa dengan keterampilan membaca intensif yang teliti dan cermat. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui keterampilan untuk menemukan gagasan utama masih rendah dan belum mencapai standar minimal yang ditetapkan yaitu 70. Fenomena ini merupakan permasalahan yang memerlukan sebuah alternatif pemecahan masalah. Oleh karena itu, pembelajaran membaca intensif untuk menemukan gagasan utama dengan metode think,pair,and share dan metode kalimat menggunakan media artikel berita merupakan suatu cara untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran membaca intensif untuk menemukan gagasan utama dengan metode think,pair,and share dan metode kalimat menggunakan media artikel berita pada siswa kelas VIIC MTs YPI Toroh, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca intensif untuk menemukan gagasan utama dengan metode think,pair,and share dan metode kalimat menggunakan media artikel berita pada siswa kelas VIIC MTs YPI Toroh, (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIIC MTs YPI Toroh setelah pembelajaran membaca intensif untuk menemukan gagasan utama dengan metode think,pair,and share dan metode kalimat menggunakan media artikel berita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca intensif untuk menemukan gagasan utama, untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca intensif untuk menemukan gagasan utama, dan untuk mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran membaca intensif untuk menemukan gagasan utama dengan metode think,pair,and share dan metode kalimat menggunakan media artikel berita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa penilaian keterampilan membaca intensif untuk menemukan gagasan utama dengan metode think,pair,and share dan metode kalimat menggunakan media artikel berita, sedangkan instrumen nontes berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Selanjutnya, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Proses pembelajaran membaca intensif untuk menemukan gagasan utama dengan metode think,pair,and share dan metode kalimat menggunakan media artikel berita yaitu, (1) guru memberikan penjelasan kepada siswa mengenai materi pembelajaran; (2) siswa diberi sebuah artikel berita oleh guru; (3) siswa berpasangan dengan teman di samping kanannya ; (4) tiap pasangan mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru; (5) tiap pasangan menentukan jawaban yang paling tepat menurut mereka, yaitu gagasan utama pada artikel berita tersebut; (6) setelah menemukan jawaban yang dianggap paling tepat, siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas; dan (7) siswa yang lain memberikan penilaian sesuai dengan rubrik penilaian. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan membaca intensif untuk menemukan gagasan utama siswa kelas VIIC MTs YPI Toroh dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil tes siklus I menunjukkan nilai rata-rata sebesar 64,2 dan hasil tes siklus II menunjukkan nilai rata-rata sebesar 75,6. Hal ini berarti menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,8%. Dengan adanya peningkatan tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran membaca intensif untuk menemukan gagasan utama dengan metode think,pair,and share dan metode kalimat menggunakan media artikel berita pada siswa kelas VIIC MTs YPI Toroh dapat berhasil dengan baik atau melampaui batas ketuntasan yang telah ditentukan, yaitu 70. Adapun perubahan perilaku yang ditunjukkan oleh siswa, yaitu siswa yang pada siklus I terlihat tidak mampu bekerja sama dengan kelompoknya, tidak mampu saling menghargai antaranggota kelompok, belum mampu memberikan penilaian secara jujur, dan belum berani dan percaya diri saat mempresentasikan hasil diskusi kelompok di muka kelas, namun pada siklus II siswa sudah mulai mampu bekerja sama dengan baik dalam kelompok, mampu saling menghormati saat berdiskusi, mampu memberikan penilaian dengan penuh kejujuran, dan dengan berani dan percaya diri mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di muka kelas. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu, (1) Guru bahasa Indonesia sebaiknya menggunakan metode mengajar yang digunakan oleh peneliti, khususnya untuk materi membaca intensif untuk menemukan gagasan utama, (2) Guru bahasa Indonesia hendaknya lebih kreatif menentukan metode dan media yang sesuai untuk masing-masing kompetensi dasar, agar siswa menjadi lebih paham atas pembelajaran yang diberikan oleh guru, (3) Siswa hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia sehingga dapat memeroleh hasil yang maksimal .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca intensif, gagasan utama, metode think,pair,and share , metode kalimat, artikel berita
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 03:36
Last Modified: 10 May 2012 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11927

Actions (login required)

View Item View Item