Analisis Sinonim Bahasa Arab ‘Kalimah Isim Jamid dalam Bentuk Isim Dzat’ pada Kamus Al-Munjid Karya Louis Ma’luf


Aulia Ahijjatul Abidah, 2303408018 (2012) Analisis Sinonim Bahasa Arab ‘Kalimah Isim Jamid dalam Bentuk Isim Dzat’ pada Kamus Al-Munjid Karya Louis Ma’luf. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Sinonim Bahasa Arab ‘Kalimah Isim Jamid dalam Bentuk Isim Dzat’ pada  Kamus Al-Munjid Karya Louis Ma’luf] Microsoft Word (Analisis Sinonim Bahasa Arab ‘Kalimah Isim Jamid dalam Bentuk Isim Dzat’ pada Kamus Al-Munjid Karya Louis Ma’luf) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Abidah, Aulia Ahijjatul. 2012. Analisis Sinonim Bahasa Arab ‘Kalimah Isim Jamid dalam Bentuk Isim Dzat’ pada Kamus Al-Munjid Karya Louis Ma’luf. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Retno Purnama Irawati, S.S., M.A. Pembimbing II : Hasan Busri, S.Pd.I., M.S.I. Kata kunci: Sinonim, Isim Jamid Dzaty, Kamus Al-Munjid. Sinonim merupakan salah satu fenomena linguistik dalam semua bahasa, termasuk juga dalam bahasa Arab. Artinya, kata benda (isim) dalam bahasa Arab banyak yang bersinonim dengan isim yang lain. Akan tetapi studi tentang sinonim kata dalam bahasa Arab masih tergolong kurang untuk pembelajaran bahasa, karena kurang adanya kepekaan untuk mempelajari kaedah bahasa Arab itu sendiri secara mendalam dan menyeluruh. Oleh sebab itu, diperlukan suatu paparan dan analisis tentang sinonim kata/kalimah isim. Dalam penelitian ini akan dipaparkan sinonim kalimah isim dzat yang terdapat pada kamus Al-Munjid karya Louis Ma'luf serta klasifikasi kalimah isim dzat tersebut yang sesuai dengan jenis sinonimnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sinonim kalimah isim dzat dan mengidentifikasinya sesuai jenis sinonim yang terdapat pada kamus Al-Munjid karya Louis Ma'luf, sehingga masyarakat khususnya pembelajar bahasa Arab dapat mengetahui dan memahami secara menyeluruh tentang kalimah isim jamid dzaty yang mempunyai sinonim dalam kamus Al-Munjid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian pustaka (library research). Data dalam penelitian ini adalah mufrodat yang berupa isim jamd dzaty. Sumber data dalam penelitian ini adalah kamus Al-Munjid karya Louis Ma'luf. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data mempergunakan pisau analisis linguistik, melalui model analisis makna dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kalimah isim jamid dzaty pada kamus Al-Munjid karya Louis Ma’luf ditemukan sekitar 939 kalimah isim jamid dzaty yang mempunyai sinonim dengan isim lain. Adapun isim jamid dzaty yang menunjukkan insan (manusia) ada 28 kata, yang menunjukkan hayawan (hewan) ada 309 kata, yang menunjukkan nabat (tumbuhan) ada 83 kata, yang menunjukkan jamad (benda mati) ada 503 kata, isim jamid dzaty lainnya ada 16 kata. Dari data tersebut, ada beberapa isim jamid dzaty yang dikategorikan ke dalam jenis sinonim, diantaranya yaitu, sinonim tempat (mutarodifat wadh’) 51 kata, sinonim tashhif (mutarodifat tashhif) 10 kata, sinonim tanasub (mutarodifat tanasub) 5 kata, sinonim huruf dengan perbedaan urutan (perubahan tempat) 2 kata , dan sinonim ittiba’ (mutarodifat ittiba’) 2 kata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sinonim, Isim Jamid Dzaty, Kamus Al-Munjid
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 02:36
Last Modified: 10 May 2012 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item View Item