Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar di Indonesia Periode 2000.Q1-2010.Q4


Ahmad Farid Dimyati, 7450407101 (2012) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar di Indonesia Periode 2000.Q1-2010.Q4. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar di Indonesia Periode 2000.Q1-2010.Q4] Microsoft Word (Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar di Indonesia Periode 2000.Q1-2010.Q4) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Dimyati, Ahmad Farid. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar di Indonesia Periode 2000.Q1-2010.Q4”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prasetyo Ari Bowo, SE, M.Si. Pembimbing II. Prof. Dr. Rusdarti, M.Si. Kata Kunci: Jumlah Uang Beredar(M2), Cadangan Devisa, Kurs, Produk Domestik Bruto. Jumlah uang yang beredar merupakan salah satu unsur dalam kebijakan moneter pemerintah guna stabilitas perekonomian melalui sektor keuangan. Jumlah uang beredar idealnya adalah jumlah uang yang tercipta sama dengan jumlah uang yang dibutuhkan. Pada tahun 2000-2010 jumlah uang beredar memiliki tren yang meningkat. Peningkatan jumlah uang yang beredar mampu memberikan dua dampak yang berbeda yaitu positif dan negatif. Dari sisi positifnya penambahan jumlah uang beredar menandakan bahwa telah terjadi peningkatan pendapatan dari masyarakat namun disisi yang lain akan memacu terjadinya inflasi. Pengendalian jumlah uang beredar sangat penting dan perlu suatu kajian khusus untuk melihat faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kebijakan jumlah uang beredar di masyarakat. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh positif antara cadangan devisa, Kurs, dan PDB terhadap jumlah uang beredar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cadangan Devisa, Kurs, dan Produk Domestik Bruto terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia pada periode 2000.Q1-2010.Q4. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data time series dari periode 2000-2010 dan menggunakan analisis regresi log linier dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Pengujian secara parsial menggunakan uji t-statistik dan pengujian secara serempak menggunakan uji F-statistik. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik, dimana semua pengujian tersebut menggunakan alat bantu program Eviews 6.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel Cadangan devisa, Kurs, dan PDB berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia. Berdasarkan hasil uji F secara bersama-sama variabel Cadangan Devisa, Kurs, dan PDB berpengaruh secara nyata terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa cadangan devisa, kurs, dan PDB berpengaruh dan signifikan terhadap jumlah uang beredar. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini antara lain Pemerintah, maupun pelaku ekonomi yang lain diharapkan dapat menjaga stabilitas ekonomi, politik dan keamanan dalam negeri serta Bank Indonesia dapat menurunkan tingkat suku bunga sehingga investasi dapat meningkat sehingga produksi bertambah, ekspor dapat meningkat serta PDB meningkat dan menjaga stabilitas nilai tukar agar jumlah uang beredar dapat dikendalikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Uang Beredar(M2), Cadangan Devisa, Kurs, Produk Domestik Bruto.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 May 2012 00:57
Last Modified: 10 May 2012 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item View Item