Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X2 MA Al-Ma’ruf Mranggen Demak dengan Teknik Koreksi Langsung.


Fitriani, Hijrotu Umu., 2101406692 (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X2 MA Al-Ma’ruf Mranggen Demak dengan Teknik Koreksi Langsung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X2 MA Al-Ma’ruf Mranggen Demak dengan Teknik Koreksi Langsung.]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X2 MA Al-Ma’ruf Mranggen Demak dengan Teknik Koreksi Langsung.) - Published Version
Download (87kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran menulis cerpen ini terkadang membingungkan, kelihatan mudah tetapi setelah dipraktikkan lebih sulit dari yang dibayangkan. Membuat cerpen berdasarkan pengalaman pribadi ini sangat memudahkan siswa dalam menuangkan isi cerita, karena siswa sudah pernah mengalaminya sendiri. Jadi, siswa tinggal mengingat kembali dalam bentuk tulisan. Dengan teknik koreksi langsung pembelajaran menulis cerpen menjadi sangat mudah karena kesalahan-kesalahan dapat diketahui dan dapat dibenarkan secara langsung. Jadi, siswa paham seketika itu dan siswa tahu di mana letak kesalahan dan bagaimana pembetulannya. Dalam penelitian ini, yang menjadi pokok permasalahan adalah (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam pengajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik koreksi langsung, (2) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa dalam pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik koreksi langsung. Data dalam penelitian ini adalah tulisan siswa mengenai pengalaman pribadinya dalam cerpen. Berdasarkan pembahasan, dapat diketahui hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Nilai rata-rata tes kemampuan menulis cerpen pada pratindakan sebesar 61,22%, pada siklus I menjadi 71,33%, dan pada siklus II menjadi 78%. Perubahan tingkah laku negatif ke tingkah laku positif siswa menurun dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar -42,51%. Dalam penelitian ini siswa sudah memenuhi nilai yang ditergetkan yaitu 76 dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pegalaman pribadi dengan teknik koreksi langsung. Perubahan tingkah laku siswa juga sudah mengalami perubahan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis Cerpen, Teknik Koreksi Langsung.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2012 08:26
Last Modified: 08 May 2012 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item View Item