Efektivitas penggunaan pendekatan tutor sebaya Dalam pengenalan Calistung pada anak usia dini (Studi Eksperimen pada TK Pertiwi Wanasari dan TK Pertiwi Pebatan) Kecamatan Wanasari.


Uce Winarni., 1601908033 (2012) Efektivitas penggunaan pendekatan tutor sebaya Dalam pengenalan Calistung pada anak usia dini (Studi Eksperimen pada TK Pertiwi Wanasari dan TK Pertiwi Pebatan) Kecamatan Wanasari. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas penggunaan pendekatan tutor sebaya Dalam pengenalan Calistung pada anak usia dini (Studi Eksperimen pada TK Pertiwi Wanasari dan TK Pertiwi Pebatan) Kecamatan Wanasari.]
Preview
PDF (Efektivitas penggunaan pendekatan tutor sebaya Dalam pengenalan Calistung pada anak usia dini (Studi Eksperimen pada TK Pertiwi Wanasari dan TK Pertiwi Pebatan) Kecamatan Wanasari.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran calistung menggunakan tutor sebaya merupakan suatu pembelajaran yang dieksperimenkan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana pengaruhnya dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran calistung. Dimana penelitian dilakukan di TK Pertiwi Wanasari dan Pebatan. TK Pertiwi Wanasari akan dijadikan kelompok eksperimen dan TK Pertiwi Pebatan dijadikan kelompok kontrol, dengan pertimbangan berdasarkan observasi peneliti di TK Wanasari masih belum dapat memahami tentang Calistung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasinya adalah Siswa TK yang ada di kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, dan samplenya menggunakan random sampling dengan kriteria memiliki kesamaan dan keseimbangan antara Kelas Eksperimen dengan Kelas Kontrol kemudian dari beberapa TK diundi , yaitu 35 siswa sebagai Kelas Eksperimen dan 30 Siswa lainya sebagai Kelas Kontrol. Sedangkan pemilihan tutor sebaya sebanyak 5 siswa pada kelas eksperimen yang memiliki kualifikasi di atas rata-rata dan menanyakan pada guru serta temannya yang sudah dapat membaca, menulis dan berhitung sehingga jumlah murid antara kelas eksperimen dan kontrol sama yaitu 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test Membaca, Menulis dan Berhitung, wawancara serta observasi. Analisis penelitian dengan menggunakan statistik deskriptif dengan SPSS 17. Hasil penelitian ini dengan membandingkan test awal dan test akhir yang dilakukan terhadap kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasilnya menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan Tutor sebaya. Rata-rata hasil Calistung siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan lebih tinggi sebesar 13,4% dibandingkan rata-rata hasil Calistung siswa kelas kontrol yaitu sebesar 3,3% dalam proses pembelajaran Calistung. Dari hasil penghitungan SPSS tentang pengaruh tutor sebaya pada pengenalan Calistung diperoleh hasil tes membaca sebesar 59,3 %, menulis 46,1 % dan menghitung 68, 4%. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk guru agar tidak salah memilih tutor sebaya dan bagi anak sebaiknya mengurangi bercanda dengan teman ketika ada pembelajaran dengan tutor sebaya karena dapat menurunkan hasil belajarnya. Namun pengaruh tutor sebaya dalam mengenal menulis dan berhitung sudah baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Calistung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2012 06:57
Last Modified: 08 May 2012 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item