Efektivitas Pelaksanan Sunset Policy Dalam Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak)


Asri Destriana Lestari, 7450407037 (2012) Efektivitas Pelaksanan Sunset Policy Dalam Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pelaksanan Sunset Policy Dalam Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak)] Microsoft Word (Efektivitas Pelaksanan Sunset Policy Dalam Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak)) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Lestari, Asri Destriana. 2012. “Efektivitas Pelaksanan Sunset Policy Dalam Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak)”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dr. Etty Soesilowati, M.Si,. II. Kusumantoro, S.Pd.,M.Si Kata Kunci : sunset policy, pajak Pajak merupakan penerimaan negara terbesar. Kurang lebih 2/3 penerimaan negara saat ini bersumber dari pajak. Dominasi pajak sebagai sumber penerimaan merupakan satu hal yang sangat wajar, terlebih ketika sumber daya alam, khususnya minyak bumi tidak bisa lagi diandalkan. Penerimaan dari sumber daya alam mempunyai umur yang relatif terbatas, suatu saat akan habis dan tidak bisa diperbaharui. Berkaitan dengan hal itu, pemerintah secara berkelanjutan mengeluarkan kebijakan dalam rangka penerimaan pajak, baik program ekstensifikasi maupun intensifikasi. Namun demikian selama ini program peningkatan penerimaan pajak belum berhasil dalam meningkatkan pendapatan pajak. Belajar dari fakta sejarah di beberapa negara, Indonesia mengadopsi kebijakan sunset policy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sunset policy mampu meningkatkan jumlah penerimaan pajak dan efektivitas sunset policy dalam meningkatkan penerimaan pajak. Populasi penelitian ini data penerimaan pajak di Kabupaten Demak, sedangkan sampel diambil penerimaan pajak periode sebelum (Januari 2004 sampai dengan Desember 2007), saat (Januari 2008 sampai dengan Februari 2009) dan sesudah sunset policy (Maret 2009 sampai dengan Desember 2010) Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan ANOVA. Berdasarkan analisis yang dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan secara signifikan jumlah pendapatan pajak sebelum dan saat kebijakan sunset policy. Nilai rata-rata pendapatan saat kebijakan sunset policy lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pajak sebelum kebijakan sunset policy menunjukkan bahwa kebijakan sunset policy efekif meningkatkan pendapatan pajak. (2) Terdapat perbedaan secara signifikan jumlah pendapatan pajak sebelum dan sesudah kebijakan sunset policy. Nilai rata-rata pendapatan pajak sesudah kebijakan sunset policy lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pendapatan pajak sebelum kebijakan sunset policy. Dari hasil ini maka: 1) Direktorat Jenderal Pajak dapat menerapkan kebijakan serupa pada saat diperlukan untuk meningkatkan pendapatan pajak di masa yang akan datang. 2) Bagi Pemerintah Kabupaten Demak, hasil ini dapat dijadikan sebagai parameter dalam menetapkan estimasi kontribusi pajak dalam RAPBD, sehingga upaya menuju kemandirian sesuai dengan tujuan otonomi dapat dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sunset policy, pajak
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 04:21
Last Modified: 08 May 2012 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item