Studi Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Pemerintah Dan Bank Non Pemerintah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia


Windaryanto Aditya Pradana, 7350408001 (2012) Studi Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Pemerintah Dan Bank Non Pemerintah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Pemerintah Dan Bank Non Pemerintah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia] Microsoft Word (Studi Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Pemerintah Dan Bank Non Pemerintah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Pradana, Windaryanto Aditya.2012. “Studi Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Pemerintah Dan Bank Non Pemerintah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Skripsi. Sarjana Manajemen Keuangan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dwi Cahyaningdyah S.E. M.Si. Pembimbing II. Andhi Wijayanto, S.E. M.M. Kata Kunci : Kinerja Keuangan, CAR, ROA, NIM, BOPO, LDR. Kinerja keuangan perusahaan perbankan dapat dinilai dengan menggunakan berbagai indikator, diantaranya adalah laporan keuangan perusahaan perbankan yang bersangkutan. Salah satu pihak yang membutuhkan informasi kinerja keuangan perusahaan adalah investor. Penggolongan bank menurut kepemilikannya dibagi menjadi empat, yaitu 1) Bank milik pemerintah, 2) Bank milik swasta nasional,3) Bank milik asing,dan 4) Bank milik campuran. Keempat kelompok bank ini bersaing untuk menunjukkan kinerja yang baik di hadapan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan bank pemerintah dan bank non pemerintah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah bank pemerintah dan bank non pemerintah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2007-2009. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 bank pemerintah dan 25 bank non pemerintah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data informasi laporan keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2009. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Independent Samples T-test dan Mann Whitney test. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa rasio ROA, NIM, BOPO, dan LDR kinerja bank pemerintah lebih baik daripada bank non pemerintah. Sedangkan pada rasio CAR bank non pemerintah lebih baik daripada bank pemerintah. Hasil penelitian dengan menggunakan Mann Whitney Test menunjukkan bahwa kinerja bank pemerintah dan bank non pemerintah periode tahun 2007-2009 mempunyai perbedaan yang signifikan pada rasio ROA dan BOPO, sedangkan untuk rasio CAR tidak mempunyai perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian dengan menggunakan Independent Samples T-test menunjukkan bahwa kinerja bank pemerintah dan bank non pemerintah tidak mempunyai perbedaan yang signifikan pada rasio NIM dan LDR. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh investor dan pemakai informasi di pasar modal dalam proses pengambilan keputusan melakukan investasi di bank pemerintah ataupun bank non pemerintah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, CAR, ROA, NIM, BOPO, LDR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 04:17
Last Modified: 08 May 2012 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11867

Actions (login required)

View Item View Item