Pengaruh Informasi Fundamental Terhadap Return saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Study Kasus Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)


Aris Munandar , 7350407080 (2012) Pengaruh Informasi Fundamental Terhadap Return saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Study Kasus Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Informasi Fundamental Terhadap Return saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Study Kasus Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)] Microsoft Word (Pengaruh Informasi Fundamental Terhadap Return saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Study Kasus Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Munandar , Aris. 2012. Pengaruh Informasi Fundamental Terhadap Return saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Study Kasus Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sarjana Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dra. Palupiningdyah, M.Si. Pembimbing II, Drs. S Martono M.Si. Kata Kunci : Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Current Assets, Quick Assets to Inventory, Return Saham. Return saham merupakan hasil yang diperoleh dari investasi (Jogiyanto, 2000:107). Salah satu alternatif bagi perusahaan untuk mendapatkan dana atau tambahan modal adalah melalui pasar modal. Sementara itu, bagi investor pasar modal akan menambahkan pilihan investasi dan kesempatan untuk mengoptimalkan fungsi utilitas masing-masing investor agar menjadi semakin besar, dan investor mengharapkan tingkat kembalian yang merupakan jumlah profitabilitas keuntungan pada serangkaian peristiwa yang mungkin terjadi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Current Assets, Quick Assets to Inventory, berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap Return saham perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman (food and beverage) yang terdaftar di BEI selama tahun 2007-2009 sebanyak 18 perusahaan. Berdasarkan kriteria purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelittian ini antara lain : analisis regersi linier berganda, uji parsial (t) dan uji simultan (F). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,516 + -0,002X1 + 0,015X2 + 1.04E-04X3 +4.83E-04X4 + e. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Return saham dan Return On Assets, Current Assets berpengaruh terhadap Return saham, sedangkan Quick Assets to Inventory tidak berpengaruh terhadap Return saham. Secara simultan menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Current Assets, Quick Assets to Inventory berpengaruh terhadap Return saham sebesar 21,8% dan selebihnya 78,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar variabel penelitian. Simpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah secara parsial variabel Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Return saham dan Return On Assets, Current Assets berpengaruh terhadap Return saham, sedangkan Quick Assets to Inventory tidak berpengaruh terhadap Return saham. Secara simultan variabel Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Current Assets, Quick Assets to Inventory berpengaruh terhadap Return saham.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Current Assets, Quick Assets to Inventory, Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 04:04
Last Modified: 08 May 2012 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11863

Actions (login required)

View Item View Item