Pengaruh Independensi Auditor dan Etika Auditor Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada KAP di Kota Semarang)


Nurul Aini, 7250407078 (2012) Pengaruh Independensi Auditor dan Etika Auditor Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada KAP di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Independensi Auditor dan Etika Auditor Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada KAP di Kota Semarang)] Microsoft Word (Pengaruh Independensi Auditor dan Etika Auditor Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada KAP di Kota Semarang)) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Aini, Nurul. 2012. “Pengaruh Independensi Auditor dan Etika Auditor Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada KAP di Kota Semarang)”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakutas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing. I. Drs. Kusmuriyanto, M.Si. II. Rediana Setiyani, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Independensi, Etika Auditor, Kinerja Auditor. Salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh seorang auditor adalah menjaga mutu atas jasa profesional yang diberikan atau dengan kata lain kinerjanya. Kinerja auditor merupakan hal sangat penting dan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor secara eksternal. Salah satu faktor internal yang sangat penting dalam menentukan kinerja auditor adalah independensi dan etika auditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah independensi dan etika mempengaruhi kinerja dari seorang auditor. Objek dari penelitian ini adalah auditor di Kota Semarang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh auditor independen di Kota Semarang yang berjumlah 184 auditor. Dari jumlah tersebut penulis hanya mengambil 60 sebagai sampel penelitian dan dari 60 sampel tersebut hanya 46 sampel yang bisa diolah menjadi sampel penelitian. Sampel diperoleh dengan teknik convenience sampling method dengan menyebarkan kuisoner ke Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang. Sebelum melakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas, dari kedua uji tersebut diperoleh hasil bahwa semua item pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan tidak terjadi mulitikolinearitas dan heterokedastisitas. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel independensi dan etika auditor terhadap variabel kinerja auditor. Pengaruh tersebut terjadi baik secara simultan maupun parsial yang diukur dengan menggunakan beberapa indikator yang dapat mewakili dari variabel tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan memberi kontribusi bagi auditor dan kantor akuntan publik untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya dan juga menjaga mutu atas jasa yang diberikan kepada masyarakat yaitu dengan meningkatkan independensi dan etika dari auditor. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas populasi dan menambah variabel yang dapat mempengaruhi kinerja auditor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Independensi, Etika Auditor, Kinerja Auditor
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 03:44
Last Modified: 08 May 2012 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11857

Actions (login required)

View Item View Item