Pengaruh Sistem Moving Class dan Cara Belajar Siswa Terhadap Pengaruh Sistem Moving Class dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Menerapkan Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 9 Semarang )”.


Wisnu Harsilo Adhi, 7101408090 (2012) Pengaruh Sistem Moving Class dan Cara Belajar Siswa Terhadap Pengaruh Sistem Moving Class dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Menerapkan Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 9 Semarang )”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Sistem Moving Class dan Cara Belajar SiswaTerhadap Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Menerapkan Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 9 Semarang )”. ] Microsoft Word (Pengaruh Sistem Moving Class dan Cara Belajar SiswaTerhadap Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Menerapkan Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 9 Semarang )”. ) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Wisnu Harsilo Adhi. 2012. “Pengaruh Sistem Moving Class dan Cara Belajar SiswaTerhadap HasilBelajar Siswa Mata DiklatMenerapkan Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan(Studi KasuspadaSiswaKelas X Program KeahlianAdministrasiPerkantoran SMK Negeri 9 Semarang )”. Skripsi.JurusanPendidikanEkonomi. FakultasEkonomi. UniversitasNegeri Semarang.PembimbingI.Drs. Muhsin, M.Si. II. Ismiyati, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci :Sistem Moving Class, Cara Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah sistem moving class dan cara belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan gurumatadiklat Menerapkan Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan di SMKN 9 Semarang diperoleh informasi bahwa sekolah sudah menerapkan sistem moving class selama 9 tahun dan cara belajar siswa sudah baik. Kenyataannya masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimalyaitu 7,2. Perumusan masalah penelitian ini adalah :(1)adakah pengaruh sistem moving class dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa ?, (2) adakah pengaruh sistem moving class terhadap hasil belajar siswa?, (3) adakah pengaruh cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa ?, dan (4)seberapa besar pengaruh sistem moving class dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa ?. Tujuanpenelitianiniuntuk mengetahui :(1) pengaruh sistem moving class dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa (2) pengaruhsistemmoving classterhadaphasilbelajarsiswa, (3)pengaruhcara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dan (4) besarnya pengaruh sistem moving class dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian iniadalahsiswakelas X AdministrasiPerkantoranberjumlah 110 siswa. Sampel yang digunakan adalah Sampeljenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y =15,023 + 0,469X1 + 0,443X2. Uji F yang diperoleh Fhitung = 57,027, sehingga H1 diterima.Secara parsial (uji t)sistem moving class(X1) diperolehthitung = 6,294, sehingga H2 diterima. Variabel cara belajar siswa (X2) diperoleh thitung = 5,656, sehingga H3diterima.Secara simultan(R2)sistem moving class dan cara belajar siswa berpengaruh terhadap hasilbelajar siswa sebesar 50,7%. Simpulan penelitian ini adalah sistem moving class dan cara belajar siswaberpengaruh terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun parsial. Sistemmoving class (X1) mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar siswa (Y). Saran penelitian ini adalah siswameningkatkan cara belajar dengan mereview materi pelajaran, selalu mengerjakan tugas dan lebih berkonsentrasi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Guru lebih tegas saat mengajar. Sekolah lebih baik dalam mengkoordinasi sistem moving class saat perpindahan jam pelajaran terutama di lorong sekolah. Bagi peneliti lanjut disarankan menambah variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Moving Class, Cara Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 03:16
Last Modified: 08 May 2012 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item View Item