Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Konveksi (Studi Kasus di Pasar Mranggen, Demak)


Nashikhul Amin, 3353405055 (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Konveksi (Studi Kasus di Pasar Mranggen, Demak). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Konveksi (Studi Kasus di Pasar Mranggen, Demak)] Microsoft Word (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Konveksi (Studi Kasus di Pasar Mranggen, Demak)) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Nashikhul Amin. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Konveksi (Studi Kasus di Pasar Mranggen, Demak). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prasetyo Ari Bowo, SE., M.Si. Pembimbing II. Dr. Sucihatiningsih DWP, M.Si. Kata Kunci : Pendapatan, Modal, Jam Berdagang, Pengalaman Berdagang. Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. Pasar Mranggen merupakan pusat jual beli masyarakat Kecamatan Mranggen pada khususnya karena merupakan pasar terlengkap yang ada di Kecamatan Mranggen. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh modal terhadap pendapatan pedagang konveksi, adakah pengaruh jam berdagang terhadap pendapatan pedagang konveksi, dan adakah pengaruh pengalaman berdagang terhadap pendapatan pedagang konveksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh modal, jam berdagang, dan pengalaman berdagang terhadap pendapatan pedagang konveksi di Pasar Mranggen, Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda yang bertujuan menguji pengaruh variabel terikat (Pendapatan) terhadap variabel bebas (Modal, Jam Berdagang, Pengalaman Berdagang). Sedangkan untuk menganalisis pengaruh variabel terikat terhadap variabel bebasnya digunakan alat analisis koefisien determinasi (R-square) dan untuk menguji tingkat signifikan dari masing-masing koefisien regresi menggunakan uji t-test dan pengujian secara serempak menggunakan uji F-statistik. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik dimana semua pengujian diatas menggunakan perhitungan progam SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa modal, jam berdagang, dan pengalaman berdagang secara serentak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang konveksi di pasar Mranggen. Besarnya pengaruh Modal (X1), Jam Berdagang (X2) dan Pengalaman Berdagang (X3) terhadap Pendapatan Pedagang (Y) konveksi di pasar Mranggen secara simultan adalah 0,873. Artinya adalah 87,3% variabel pendapatan dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel modal, jam berdagang, dan pengalaman berdagang. Sisanya (12,7%) dijelaskan dengan variabel lain diluar model. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang diajukan penulis yaitu para pedagang sebaiknya menambah modal berdagang karena dengan adanya tambahan modal, dapat menambah jumlah barang dagangannya. Selain itu para pedagang juga memanfaatkan waktu berjualan dengan optimal terutama pada waktu pasar ramai oleh pengunjung, sehingga diharapkan akan dapat menambah pendapatan pedagang konveksi di pasar Mranggen. Pemerintah diharapkan membantu para pedagang konveksi di pasar Mranggen terkait masalah modal supaya pedagang di pasar Mranggen dapat memajukan usahanya, misalnya dengan memberikan kredit dengan bunga yang ringan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Modal, Jam Berdagang, Pengalaman Berdagang
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 02:03
Last Modified: 08 May 2012 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11836

Actions (login required)

View Item View Item