Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Pantai Tirta Samudera di Kabupaten Jepara


Dinar Hifdhi Rizali, 3352405553 (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Pantai Tirta Samudera di Kabupaten Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Pantai Tirta Samudera  di Kabupaten Jepara] Microsoft Word (Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Pantai Tirta Samudera di Kabupaten Jepara) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Dinar Hifdhi Rizali. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Pantai Tirta Samudera di Kabupaten Jepara. Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Sri Wartini, S.E, M.M., Pembimbing II : Dra. Palupiningdyah, M.Si. Kata kunci: Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Pariwisata di Indonesia telah dianggap sebagai salah satu sektor ekonomi penting. Bahkan sektor ini diharapkan akan dapat menjadi penghasilan devisa nomor satu. Pengembangan industri pariwisata mempunyai pengaruh yang cukup kuat bagi perkembangan wilayah di daerah sekitar objek wisata, sehingga menjadi sektor unggulan yang mampu meningkatkan perekonomian daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata pantai tirta samudera di Kabupaten Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung pada objek wisata pantai tirta samudera di Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling aksidental (accidental sampling), menggunakan rumus Slovin yang diperoleh hasil 99,9, agar lebih representatif, maka dibulatkan menjadi 100 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Kualitas Pelayanan (X1), Lokasi (X2), dan kepuasan pengunjung (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara kualitas pelayanan dan lokasi secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata pantai tirta samudera di Kabupaten Jepara. Persamaan regresi yang dihasilkan Y = 8.855+ 0,246X1 + 0,189X2 . Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh objek wisata pantai tirta samudera secara umum sudah baik. Hal ini dapat ditunjukkan dari banyaknya tanggapan kualitas pelayanan yang tinggi dari responden terhadap kondisi dari masing-masing kuesioner penelitian. Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan hasil penelitian adalah selalu meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara meningkatakan keramahan pegawai, cepat tanggap terhadap keluhan pengunjung, memberikan informasi secara detail dan meningkatkan sarana dan pra sarana bagi pengunjung serta mengadakan acara hiburan agar menarik pengunjung datang ke objek wisata pantai Tirta Samudera di Kabupaten Jepara Jawa Tengah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 01:20
Last Modified: 08 May 2012 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11831

Actions (login required)

View Item View Item