Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi Di SMK YPE Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012.


Kanthi Evaluastiana, 3301405002 (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi Di SMK YPE Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi Di SMK YPE Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. ] Microsoft Word (Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi Di SMK YPE Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. ) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Kanthi Evaluastiana. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi Di SMK YPE Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri siswa sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa. Faktor internal berupa kecerdasan emosional, gaya belajar dan disiplin belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional, gaya belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi di SMK YPE Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, gaya belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi di SMK YPE Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMK YPE Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 120 orang. Jumlah sampel diambil 30 % dari 120, sehingga diperoleh 36 siswa. Metode analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dengan menggunakan analisis varians untuk regresi diperoleh Fhitung = 26,330 yang lebih besar dari nilai F tabel pada tingkat signifikansi 95 persen ( = 0,05) dan derajat bebas (3; 32) sebesar 2,90, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan (bersama-sama) kecerdasan emosional, gaya belajar dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi di SMK YPE Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional, gaya belajar dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Oleh karena itu kecerdasan emosional dikembangkan dengan mengajak siswa untuk mengenali potensi diri. Siswa dibimbing untuk menerapkan gaya belajar yang sesuai dengan kepribadiannya. Disiplin belajar siswa ditanamkan dengan menerapkan absen yang ketat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2012 01:07
Last Modified: 08 May 2012 01:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11828

Actions (login required)

View Item View Item