Perbedaan Perilaku Asertif Dan Konformitas Antara Etnis Cina Dengan Etnis Jawa (Penelitian Pada Siswa SMA Sedes Sapientiae Semarang)


Devayani, Ornela Arslan., 1550406523 (2012) Perbedaan Perilaku Asertif Dan Konformitas Antara Etnis Cina Dengan Etnis Jawa (Penelitian Pada Siswa SMA Sedes Sapientiae Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Perilaku Asertif Dan Konformitas Antara Etnis Cina Dengan Etnis Jawa (Penelitian Pada Siswa SMA Sedes Sapientiae Semarang)]
Preview
PDF (Perbedaan Perilaku Asertif Dan Konformitas Antara Etnis Cina Dengan Etnis Jawa (Penelitian Pada Siswa SMA Sedes Sapientiae Semarang)) - Published Version
Download (93kB) | Preview

Abstract

Indonesia dikenal memiliki banyak jumlah penduduk, baik dari pribumi asli maupun pendatang. Komunikasi sangatlah berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya dengan perilaku asertif yang bersifat aktif, langsung, dan jujur. Perilaku asertif yaitu mengkomunikasikan kesan respek kepada diri sendiri dan kepada orang lain. Adanya perbedaan-perbedaan karakteristik yang ada pada etnis Cina dan etnis Jawa maka akan muncul perilaku asertif yang berbeda pula sesuai dengan pola pikir, lingkungan dan peran orang tua. Etnis Cina dan etnis Jawa sama-sama berkelompok, dan memilih tinggal dikawasan tersendiri, namun yang membedakan yaitu penekanan kepentingan antara keluarga, individu dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan perilaku asertif dan konformitas antara etnis Cina dengan etnis Jawa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian komparatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Sedes Sapientiae Semarang. Subjek penelitian berjumlah 80 siswa yang ditentukan menggunakan teknik berstrata disproporsional. Variabel dalam penelitian ini adalah perilaku asertif dan konformitas. Skala perilaku asertif mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,928 dan konformitas mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,962. Perilaku asertif mempunyai 40 aitem valid dari aitem awal sejumlah 50 aitem dan konformitas mempunyai 44 aitem valid dari aitem awal sejumlah 54 aitem. Hasil penelitian variabel perilaku asertif menunjukkan bahwa perilaku asertif etnis Cina berada dalam kategori sangat tinggi dan konformitas etnis Cina berada dalam kategori tinggi cenderung sedang, sedangkan perilaku asertif etnis Jawa berada dalam kategori tinggi dan konformitas etnis Jawa berada dalam kategori tinggi cenderung sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku asertif dan konformitas antara etnis Cina dengan etnis Jawa yang diperoleh dari taraf signifikansi perilaku asertif sebesar 0,045 (p < 0,05) dan konformitas sebesar 0,000 (p < 0,05) yang diuji menggunakan rumus t-test. Saran untuk siswa kela XI SMA Sedes Sapientiae Semarang diharapkan dapat bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik walaupun berbeda etnis. Sedangkan saran untuk sekolah adalah mendukung dan memotivasi siswa dengan cara mengadakan seminar maupun pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan masalah siswa. Peneliti yang berminat melakukan penelitian dengan topik yang sama dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain yang membedakan etnis Cina dengan etnis Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku asertif, konformitas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2012 00:55
Last Modified: 25 Apr 2015 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11827

Actions (login required)

View Item View Item