Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Program Inklusi. (Studi Deskriptif di SD dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho).


Cahyaningrum, Rahma Kartika., 1550405009 (2012) Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Program Inklusi. (Studi Deskriptif di SD dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Program Inklusi. (Studi Deskriptif di SD dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho).]
Preview
PDF (Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus pada Program Inklusi. (Studi Deskriptif di SD dan SMP Sekolah Alam Ar-Ridho).) - Published Version
Download (140kB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus perlu diberi kesempatan dan peluang yang sama dengan anak normal untuk mendapatkan pelayanan pendidikan di sekolah inklusi. Pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah umum merupakan pembaharuan dalam pendidikan. Biasanya sesuatu yang baru akan dirasakan asing dan tidak mudah diterima. Untuk itulah dibutuhkan kesiapan yang matang dari para guru agar dapat menangani peserta didik berkebutuhan khusus dengan baik. Sekolah Alam Ar-Ridho adalah salah satu sekolah di Kota Semarang yang menyelenggarakan pendidikan inklusi. Sekolah tersebut mempunyai peserta didik berkebutuhan khusus di tingkat SD dan SMP. Untuk mengetahui kesiapan para guru di sekolah tersebut dalam menangani peserta didik berkebutuhan khusus, maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kesiapan para guru di SD dan SMP Alam Ar-Ridho dalam menangani peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan guru di SD dan SMP Alam Ar-Ridho dalam menangani peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru di SD dan SMP Alam Ar-Ridho yang berjumlah 35 guru. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala psikologi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk, karena butir-butir item disusun berdasarkan skala psikologis tentang kesiapan dan strategi dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Reliabilitas Skala Psikologi Kesiapan Guru didapat dengan menggunakan perhitungan Cronbach Alpha. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1) Rata-rata kesiapan guru-guru SD dan SMP Alam Ar –Rihdo dalam menangani peserta didik berkebutuhan khusus tergolong “Tinggi”, 2) Kategori “Rendah” ditemukan pada indikator Pengalaman yang Dimiliki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesiapan guru, anak berkebutuhan khusus, program inklusi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 09:30
Last Modified: 25 Apr 2015 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item