Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jongso Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati


Sukandar, 1402908226 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jongso Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jongso Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jongso Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati) - Published Version
Download (93kB) | Preview

Abstract

Tujuan Pembelajaran IPS dalam Kurikulum pendidikan dasar 2006 adalah Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya dan siswa memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Pelaksanaan pembelajaran IPS khususnya di SD Negeri Jongso masih mengalami banyak hambatan dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal yang telah di patok oleh sekolah. Hal ini disebabkan karena guru belum mampu menentukan strategi yang dipakai sehingga memungkinkan siswa belumbisa belajar dengan baik, guru jarang memberi stimulus dalam mengkaitkan materi dengan keadaan dunia anak, sehingga anak kurang berminat dalam mengikuti pelajaran, dan malas bertanya serta mengungkapkan ide dan gagasan, tidak adanya media dan sumber belajar yang memadai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan 9 siswa kelas IV SD Negeri Jongso. Pengambilan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi foto. Analisis data non tes dilakukan secara kualitatif sedangkan tes dilakukan secara kuantitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (a) Apakah model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS SD Kelas IV?; (b) Apakah model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pelajaran IPS SD kelas IV?; (c) Apakan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS SD Kelas IV? Tujuan penelitian ini adalah; (a) Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS SD Kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran make a match. (b) Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS SD dengan menggunakan model pembelajaran make a match di kelas IV. (c) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS SD Kelas IV. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada siklus I keterampilan guru mendapatkan kriteria cukup dengan skor 19, aktivitas siswa mendapatkan skor rata-rata 12,2 dengan kriteria cukup, ketuntasan hasil belajar sebesar 56 % tuntas. Pada siklus II keterampilan guru mendapatkan skor 29 dengan kriteria baik, aktivitas siswa mendapatkan skor rata-rata 18,7 dengan kriteria baik, ketuntasan hasil belajar sebesar 89% tuntas. Pada siklus III keterampilan guru mendapat kriteria baik dengan skor 32, aktivitas siswa mendapatkan skor 20,7 dengan kriteria amat baik dan ketuntasan hasil belajar mencapai 100 % siswa tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jongso Sukolilo dalam pembelajaran IPS meningkat. Saran bagi guru sebaiknya model pembelajaran kooperatif make a match dilaksanakan secara berkesinambungan dan tidak mengurangi peran guru meskipun media kartu dapat membuat siswa belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, Kooperatif tipe Make a match,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 09:28
Last Modified: 25 Apr 2015 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11812

Actions (login required)

View Item View Item