Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SDN Kedawung 3 Mondokan Sragen


Uut Arif Rahman, 1402908198 (2012) Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SDN Kedawung 3 Mondokan Sragen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SDN Kedawung 3 Mondokan Sragen]
Preview
PDF (Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SDN Kedawung 3 Mondokan Sragen) - Published Version
Download (174kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Kedawung 3 Mondokan Sragen menunjukkan hasil belajar IPA masih rendah dikarenakan siswa kurang aktif, cepat bosan dan siswa cenderung individual dalam tugas. Metode Eksperimen merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan guru kelas V SD Negeri Kedawung 3 Mondokan Sragen? 2) Apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SD Negeri Kedawung 3 Mondokan Sragen? 3) Apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kedawung 3 Mondokan Sragen? Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan guru, aktivitas siswa, serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dengan penerapan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SDN Kedawung 3 yang bejumlah 20 siswa. Variabel yang diselidiki pada penelitian ini adalah kemampuan guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, dokumentasi dan tes, dengan analisis deskritif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru siklus I rata-rata yang diperoleh 2,5 dengan ketuntasan belajar 45%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 3,5 dengan ketuntasan belajar 75% dan pada siklus III 3,8 dengan ketuntasan belajar 95%. Kemudian dalam aktivitas siswa juga mengalami peningkatan ditunjukan pada siklus I 1,7 dengan kriteria cukup, pada siklus II 3,1 dengan kriteria baik, dan siklus III meningkat menjadi 3,8 dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat diartikan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran “kempuan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa” kelas V SDN Kedawung 3 Mondokan Sragen. Ini berarti sudah menunjukan ketuntasan belajar klasikal sesuai dengan indikator keberhasilan peneliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, kemampuan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kedawung 3 Mondokan Sragen. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi guru dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Kualitas Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 09:23
Last Modified: 25 Apr 2015 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11810

Actions (login required)

View Item View Item