Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran Paragraf dengan Teknik Think-Pair-Share pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas V SDN Plosokerep


Muhamad Jainuri, 1402908141 (2012) Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran Paragraf dengan Teknik Think-Pair-Share pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas V SDN Plosokerep. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran Paragraf dengan Teknik Think-Pair-Share pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas V SDN Plosokerep]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran Paragraf dengan Teknik Think-Pair-Share pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas V SDN Plosokerep) - Published Version
Download (98kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa di kelas V SDN Plosokerep Sukolilo Pati kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Guru menjelaskan materi dan siswa hanya disuruh duduk dan mendengarkan sehingga proses pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi sehingga hasil belajar belum mencapai kriteria ketuntasan belajar . Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan teknik Think-Pair-Share. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah penerapan teknik Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menentukan pokok pikiran suatu paragraf pada pembelajaran bahasa Jawa kelas V SD Negeri Plosokerep?, (2) apakah penerapan teknik Think-Pair-Share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran menentukan pokok pikiran suatu paragraf pada pembelajaran bahasa Jawa kelas V SD Negeri Plosokerep?, (3) apakah penerapan teknik Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan pokok pikiran suatu paragraf pada pelajaran bahasa Jawa kelas V SD Negeri Plosokerep? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa melalui teknik Think-Pair-Share, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Jawa melalui teknik Think-Pair-Share, (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan pokok pikiran suatu paragraf pada pelajaran bahasa Jawa melalui teknik Think-Pair-Share. Penelitian dilaksanakan di SDN Plosokerep Sukolilo Pati dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa (10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan) dan guru. Sumber data diperoleh dari hasil tes evaluasi dan aktivitas siswa, aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran, dan catatan lapangan selama pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap siklus I, II, dan III. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes tertulis pada setiap akhir siklus dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil aktivitas siswa meningkat pada tiap siklusnya, siklus I sebesar 60,40%, pada siklus II sebesar 81,30%, dan pada siklus III sebesar 87,50%, (2) hasil keterampilan guru mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 75%, pada siklus II sebesar 89,50%, dan pada siklus III sebesar 91,70%, (3) hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 62,55 dengan ketuntasan belajar 65%, siklus II sebesar 70,30 dengan ketuntasan belajar 80%, dan siklus III sebesar 76,35 dengan ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Jawa dengan teknik Think-Pair-Share mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa, meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar bahasa Jawa, dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan pokok pikiran paragraf pada pembelajaran bahasa Jawa. Manfaat dari hasil penelitian ini adalah: (1) bagi siswa, dapat meningkatkan kemampuan dalam menentukan pokok pikiran paragraf pada pelajaran bahasa Jawa, (2) bagi guru, sebagai masukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jawa, (3) bagi sekolah, dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik dengan penggunaan pendekatan pembelajaran inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan Siswa, Think-Pair-Share.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 09:00
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item