Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pokok Volum Kubus dan Balok dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SD Negeri Sumurpanggang 3 Kota Tegal
Sri Subekti, 1402908130 (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pokok Volum Kubus dan Balok dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SD Negeri Sumurpanggang 3 Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pokok Volum Kubus dan Balok dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SD Negeri Sumurpanggang 3 Kota Tegal)
- Published Version
Download (70kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran di sekolah dasar tidak dapat terlepas dari pembelajaran matematika. Bagi siswa SD matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan, terbukti dengan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya materi volum kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri Sumurpanggang 3. Hal ini, disebabkan karena guru menggunakan metode pembelajaran yang konvensional berupa penggunaan metode ceramah tanpa penggunaan alat pembelajaran yang sesuai materi. Keadaan ini yang menjadikan pembelajaran tidak menarik, membosankan, siswa kurang aktif, dan kurang memahami konsep, yang pada akhirnya aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan uraian di atas penulis berusaha meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa serta performansi guru pada materi volum kubus dan balok di kelas V SD Negeri Sumurpanggang 3 Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Sumurpanggang 3 berjumlah 23 siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus, tiap-tiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan yang dicapai yaitu hasil tuntas belajar klasikal (skor≥60) mencapai 75 %, nilai aktivitas siswa 75 % dan nilai performansi guru minimal 71. Berdasarkan analisis data penelitian, pada siklus I ketuntasan belajar baru mencapai klasikal 65,2 % dengan nilai rata-rata kelas 68,30, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,96 % dengan nilai rata-rata kelas 77,22 atau terjadi peningkatan 21,76 %. Selain hasil belajar, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 72,2 % dan pada siklus II mencapai 79,8 % atau terjadi peningkatan 7,6 %. Nilai performansi guru juga meningkat pada siklus I 69,95 % dan siklus II mencapai 84,85 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan PBI dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Sumurpanggang 3 pada materi volum kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI), Aktivitas, Hasil Belajar, Volum Kubus dan Balok. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 May 2012 08:57 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11806 |
Actions (login required)
View Item |