Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Menggunakan CD Interaktif Kelas IV SDN 2 Bendungan Tretep Temanggung.


Kristi Yunitasari, 1402908035 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Menggunakan CD Interaktif Kelas IV SDN 2 Bendungan Tretep Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Menggunakan CD Interaktif Kelas IV SDN 2 Bendungan Tretep Temanggung.]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Menggunakan CD Interaktif Kelas IV SDN 2 Bendungan Tretep Temanggung.) - Published Version
Download (12kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar siswa kelas IV SDN 2 Bendungan Matematika dianggap mata pelajaran yang paling sulit oleh para siswa sehingga menyebabkan hasil belajar rendah. Hal ini ditunjukan dari 10 siswa, yang mendapatkan nilai di atas 60 ada 4 siswa (40%) dan 6 siswa (60%) mendapatkan nilai di bawah 60. Nilai tersebut tidak sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran Matematika yaitu 60. Model kooperatif tipe STAD dengan menggunakan CD interaktif merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan : (1) kreativitas guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar siswa dalam menerapkan model kooperatif tipe STAD dengan menggunakan CD interaktif. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Bendungan yang terdiri dari 10 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 4 siswa dan jumlah siswa perempuan 6 siswa serta seorang guru kelas IV SDN 2 Bendungan. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah kreativitas guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes dan foto kegiatan dengan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kreativitas guru yaitu pada siklus I skor rata-rata adalah 3 dengan kriteria baik, pada siklus II skor rata-rata adalah 3,6 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I skor rata-rata adalah 2,8 dengan kriteria aktif, pada siklus II skor rata-rata adalah 3,6 dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar adalah 68 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 70% dengan kriteria tinggi. Pada siklus II ratarata hasil belajar siswa adalah 82 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 90% dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian mengenai peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe STAD dengan menggunakan CD Interaktif dapat meningkatkan kreativitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bendungan Tretep Temanggung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Kooperatif STAD, CD Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 08:54
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11805

Actions (login required)

View Item View Item